Sekolah Rusak Bocor Setiap Hujan, tapi Belajar Jalan Terus

Sekolah ini rusak di semua titik. Ketika hujan, murid tidak segan mencari tempat yang aman dari atap yang bocor.

Kondisi bangunan di Sekolah Dasar Negeri 1 Mlowo‎karangtalun, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jateng, Selasa (2/5/2017).(Kompas.com/Puthut Dwi Putranto) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, SEMARANG - Keberadaan Sekolah Dasar Negeri 1 Mlowokarangtalun, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, hampir rubuh. Sejumlah ruang kelas yang digunakan sarana belajar sehari-hari rusak.

Sekolah yang terbuat dari kayu ini berdiri sejak 1976. Sekolah ini bertahan hingga 2017 meski terus dilakukan renovasi.

Pantauan Kompas.com, sekolah yang berada di ujung perbatasan dengan Kabupaten Sragen ini mempunyai delapan ruang kelas. Dari delapan kelas ini, hanya satu ruang kelas masih cukup bagus, sisanya rusak.

Meski rusak, sekolah ini tetap digunakan sebagai sarana belajar. Sekolah ini rusak di semua titik. Ketika hujan, murid tidak segan mencari tempat yang aman dari atap yang bocor.

Dzuriatus, siswa kelas IV SDN ini mengaku ruangannya tetap bocor ketika hujan. Namun hujan tidak menghalangi para murid untuk tetap belajar.

"Kalau hujan kadang masih bocor, tapi tetep pelajarannya enggak dihentikan, jalan terus," ujarnya, Selasa (2/5/2017).

Nanda Satya Nur Namira, siswa kelas V, membenarkan. Ia beberapa kali kena air hujan di dalam kelas. Buku pelajarannya ikut basah. Ketika hujan tiba, Nanda bersiap mencari tempat duduk lain yang aman dari kebocoran.

"Kalau hujan bocor, harus cari tempat duduk lagi," ucapnya.

Kepala SDN 1 Mlowokarangtalun Sriyati berujar bahwa bangunan yang masih bagus dibangun tahun 2011. Sisanya bangunan lama tahun 1976 yang direnovasi seadanya.

Sri mengaku terus mencari bantuan untuk perbaikan sekolah. Namun usahanya selalu kandas. Proses belajar mengajar kepada 230 siswa tetap dilakukan dengan kondisi seadanya.

Halaman
12
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved