DPD LDII Lampura: Saat Ini Pemuda Tidak Peka Terhadap Wawasan Kebangsaan

Lembaga Dakwah Islam Indonesia kabupaten Lampung Utara menggelar lokakarya wawasan kebangsaan

DPD LDII Lampura: Saat Ini Pemuda Tidak Peka Terhadap Wawasan Kebangsaan
Tribunlampung/Anung
Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Lembaga Dakwah Islam Indonesia kabupaten Lampung Utara menggelar lokakarya wawasan kebangsaan di GSG AL Mansyurin, Kamis 2 November 2017.

Kegiatan ini dihadiri oleh Zulkifli Noer selaku ketua DPD LDII Lampura, Kasie intel Polres Lampung Utara AKP Sukimanto, pasiter Kodim 0412 Lampura kapten Inf. Suroto, Sekretaris kanwil Kemenag LU Makmur, pimpinan SKPD.

Zulkifli Noer dalam sambutannya mengatakan wawasan kebangsaan tidak dilandasi asal usul, baik suku, agama, adat istiadat. Wawasan kebangsaan sangat mutlak dimiliki WNI. Wawasan kebangsaan ini tidak serta merta muncul spontan, melainkan secara bertahap, dengan belajar serta mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, cenderung tidak peduli, seperti pemuda tidak peka terhadap wawasan kebangsaan, terorisme, yang bertentangan ajaran agama danpancasila. Ini lambat laun akan menggoyahkan persatuan dan kesatuan NKRI, makanya LDII bekerjasama dengan ormas lain menyelenggarakan lokakarya wawasan kebangsaan.

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan nasionalisme kebangsaan, kemudian meningkatkan kecintaan terhadap bangsa indonesia, serta menangkal paham radikalisme‎. "Materi akan diberikan oleh pemateri dari Kodim, polres Lampura, Kemenag, kesbangpol," ujarnya.

Ketua LDII ‎Provinsi Lampung, M. Aditya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud bagian dari warga yang cinta tanah air, dengan diselenggarakannya kegiatan ini.

Dirinya mengakui bangga saat ini, karena wujud kerjasama yang baik dan kompak, ada logo ormas bersanding. Ini jadi contoh buat semuanya.

Didalam LDII telah dilakukan beberapa kegiatan, seperti‎ peningkatan kinerja organisasi,‎ peningkatan SDM, bekerjasama dengan IAIN dan peningkatan potensi di LDII, adanya usaha bersama.

Untuk itu, seiring perkembangan zaman, pihaknya mengimbau agar cerdas dan beretika dalam menggunakan media sosial, karena itu pengurus LDII profesional dan religius.

Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara mengatakan menambah ilmu mengenai wawasan kebangsaan. "Saya harap peserta lokakarya dapat ikuti dengan seksama," ujarnya.

Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang masyarakat terhadap bangsa Indonesia. Indonesia terdiri dari beragam kemajemukan. Saat ini muncul paham radikal, melalui kegiatan ini kita harus mempunyai wawasan yang luas. "Mari perkuat ukuwah islamiyah," ujar dia.

Pencerahan, dengan seiring perkembangan zaman, dengan penyampaian dakwah hendaknya mengikuti kemajuan zaman.‎ "Dengan lokakarya ini menambah rasa cinta terhadap bangsa Indonesia," tukasnya. (ang)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved