Fakta-fakta Menarik Cara Hasilkan Kopi Berkualitas

Selain itu, pemilihan bibit yang berkualitas hingga perawatan kebun yang baik juga memengaruhi dari kopi yang akan dihasilkan.

Fakta-fakta Menarik Cara Hasilkan Kopi Berkualitas
tribunlampung/ana
Rio Elfariza Zurlan dari Helau Coffee berbagi pengalaman mengenai pengolahan kopi pascapanen dalam acara Lampung Specialty Coffee di Asoka Luxury Hotel, Bandar Lampung, Minggu, 28 Januari 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspitasari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Asoka Luxury Hotel Lampung menggelar workshop Lampung Specialty Coffee, Minggu, 28 Januari 2018.

Tidak kurang dari 50 peserta yang berasal dari Komunitas Hotelier Indonesia (Lampung), Komunitas Penikmat Kopi Lampung (KPKL) dan lainnya antusias mengikuti event yang dikemas dalam workshop santai ini.

Baca: Wahai Pecinta Kopi, Jangan Lewatkan Lampung Specialty Coffee

Sahid Nur dari Sahaja Coffee yang menjadi salah satu pembicara mengatakan, untuk mendapatkan kopi yang berkualitas baik, tentu harus dimulai dari tahap awal, yakni persiapan lahan termasuk ketinggian tanah di mana kopi akan ditanam.

Selain itu, pemilihan bibit yang berkualitas hingga perawatan kebun yang baik juga memengaruhi dari kopi yang akan dihasilkan.

Pemilihan bibit, teknik penanaman, hingga perawatan yang maksimal, lanjutnya, akan menghasilkan kopi yang berkualitas dan tentunya menambah nilai jual dari kopi itu sendiri.

Baca: Kecantikannya Perpaduan Raisa dan Maudy Ayunda, Barista Ini Bikin Betah Nonkrong di Warung Kopi

"Mudah-mudahan dengan acara sharing seperti ini masyarakat bisa lebih tahu dan mengenal lagi kopi. Selain rasanya yang enak, untuk bisnis juga sangat menjanjikan," jelas farmer kopi dari Lampung Barat ini.

Pembicara lainnya, yaitu Rio Elfariza Zurlan dari Helau Coffee, berbagi pengalaman mengenai bagaimana pengolahan pascapanen kopi yang baik.

Sementara Arie Oktara, roaster dari Kopi Pacar Hitam, berbagi informasi mengenai teknik roasting kopi hingga menghasilkan kopi yang sedap dinikmati.

Sebelumnya, Public Relations Asoka Luxury Hotel Lampung Ayunda Herwika mengatakan, event Lampung Specialty Coffee sengaja digelar untuk berbagi informasi dan pengetahuan mengenai kopi kepada masyarakat, mulai dari tahap penanaman hingga kopi siap tersaji untuk dinikmati.

"Kita di sini juga sekaligus untuk memperkenalkan bahwa di Asoka Luxury Hotel Lampung juga ada coffee shop. Namanya Tapis Bar and Lounge, lengkap dengan area outdoor yang sangat cocok untuk hangout santai sambil ngopi," imbuh Ayu.

Melalu event ini, Asoka Luxury Hotel Lampung juga membantu petani kopi di Lampung dengan memasarkan produk kopi tersebut kepada tamu hotel, baik disajikan langsung maupun dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke Lampung. (*)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved