Cuma Padi di Kecamatan Semaka Bisa Klaim Ganti Rugi Dampak Banjir

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Tanggamus mengaku sawah terkena banjir bisa dapatkan ganti rugi.

Cuma Padi di Kecamatan Semaka Bisa Klaim Ganti Rugi Dampak Banjir
Banjir di tiga kecamatan di Tanggamus 

Laporan wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Tanggamus mengaku sawah terkena banjir bisa dapatkan ganti rugi.

Menurut Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Tanggamus Djoko Prabowo, sayangnya untuk seluruh tanaman padi yang terkena banjir, hanya di Kecamatan  Semaka yang diasuransikan ke Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Baca: Dinyinyir Posting Foto Istri Berbikini, Putri Marino Bela Chicco Jericho dari Serangan Netizen

Baca: Tak Disangka, Potret Masa Muda Pelawak Ini Benar-Benar Mirip Ariel Noah

Sedangkan di Wonosobo tidak ada yang ikuti asuransi pada musim tanam saat ini.

"Sekarang kami masih tunggu hasil verifikasi dari UPT di Semaka untuk diajukan ke asuransi. Imbauan kami petani aktif asuransikan tanamannya saat masa tanam mencegah kejadian bencana alam," ujar Djoko, Rabu 11 April 2018.

Pertanggungan asuransinya sekitar Rp 6 juta per hektar permusim. Meskipun tidak seberapa besar namun bisa membantu penanaman baru. Kemudian dilihat dari segi premi asuransi juga kecil yakni Rp 36 ribu per hektar permusim.

Untuk menjadi peserta asuransi persyaratannya petani pemilik atau petani penggarap memiliki lahan garapan minimal dua hektar. Luasan itu dalam satu hamparan, atau satu jaringan irigasi.

Kemudian menjadi anggota kelompok tani dan di bawah pembinaan penyuluhan pertanian. Selain itu tanaman yang ditanam berupa padi.

Usia tanaman minimal 10 hari, tingkat kerusakan lebih dari 75 persen dan luas kerusakan minimal 75 persen dari dua hektar dalam satu kali penanaman. (Tri Yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved