Public Service

Bolehkah Sentuh Kumpalan Surat Alquran Tanpa Berwudhu?

KEPADA Yth MUI Lampung. Apakah boleh kita menyentuh ayat-ayat Alquran yang sudah dibukukan seperti kumpulan surah

Bolehkah  Sentuh Kumpalan Surat Alquran Tanpa Berwudhu?
TRIBUN MEDAN
Para santri pondok pesantren Ar-Raudhatul Hasanah saat membaca Al Quran pada kegiatan tadarus yang dilaksanakan secara massal di Jalan Setia Budi, Medan, Sumut, Kamis (11/7/2013). Kegiatan tadarus yang dilaksanakan rutin pada bulan suci Ramadan tersebut diikuti oleh sekitar 1.000 santri. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - KEPADA Yth MUI Lampung. Apakah boleh kita menyentuh ayat-ayat Alquran yang sudah dibukukan seperti kumpulan surah (Yasin, Waqiah, Almuluk, dll), sedangkan kita tidak berwudhu? Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6285779845xxx

Hukumnya Sama Dengan Alquran

Baca: Mohon Tertibkan Bus dan Travel Nakal di Bundaran Raden Intan

KAMI jelaskan bahwa kumpulan surat seperti yasin, waqiah dan lain-lain hukumnya sama dengan Al Quran, sehingga menyentuh dalam keadaan hadats hukumnya haram.

Baca: Laga AS Roma Vs Liverpool, Begini Kata Owner deArte Cafe

Yasin, waqi’ah dan lain-lain yang dibukukan kecil dan ditambah terjemahan dihukumi sama dengan Alquran karena surat Yasin atau surat Waqi’ah tersebut dicetak atau dibuat buku kecil ada tujuan untuk dibaca.

Dan apabila ayat atau surat Alquran ketika ditulis ulang dengan berbagai bentuk tulisan ada tujuan untuk dibaca maka hukumnya sama dengan Alquran, ketika menyentuh dalam keadaan hadats hukumnya haram.

KH. MUNAWIR
Ketua Komisi Fatwa MUI Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved