Juniardi Minta Jurnalis Jadi Caleg Mundur dari Profesi

Juniardi, meminta wartawan yang memutuskan menjadi calon anggota legislatif, DPD, atau tim sukses, diimbau mengundurkan diri.

Juniardi Minta Jurnalis Jadi Caleg Mundur dari Profesi
tribunlampung.co.id/ridwan
Juniardi

Laporan Reporter Tribun Lampung Romi Rinando 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG  - Wakil Ketua PWI Lampung Bidang Pembelaan Wartawan, Juniardi, meminta wartawan yang memutuskan menjadi calon anggota legislatif,  DPD, atau tim sukses, diimbau  mengajukan cuti, non aktif atau mengundurkan diri.

Seruan tersebut, kata dia,  tertulis dalam edaran Dewan Pers dan ditandatangani sejak Ketua  Bagir Manan  yang dikeluarkan dalam rangka menjamin kemerdekaan pers,  untuk memenuhi hak masyarakat mendapatkan kembali informasi yang berkualitas dan adil.

Baca: Terlihat Lontaran Lava Pijar di Gunung Anak Krakatau

Baca: Saat Ini BPJS Kesehatan Sudah Tidak Lagi Menanggung Biaya Untuk Obat Kanker Trastuzumab

Menurut Juniardi,  dalam edaraan  bernomor 02/2014  tertulis, Pers Indonesia harus menjadi wasit dan pembimbing yang adil dan menjadi pengawas yang teliti dan seksama terhadap pelaksanaan pemilu, bukan  menjadi pemain yang menyalahgunakan ketergantungan masyarakat terhadap media.

 “Aturan itu  tertuang dalam butir 4 Deklarasi Hari Pers Nasional tahun 2014 di Bengkulu,” kata Juniardi melaui siaran persnya, Rabu (18/7/2018).

Dia mengatakan,  dalam edaran tersebut juga terungkap perusahaan pers  harus memiliki “pagar api” yang tegas dalam menayangkan iklan politik. Sebelum memuat iklan politik peserta pemilu atau pilgub, perusahaan pers harus memperhatikan  pemuatan iklan  sesuai dengan ketentuan dalam UU Pemilu, UU Pers, Peraturan KPU, dan etika pariwara Indonesia.

“Perusahaan pers  harus tegas membedakan  berita ataupun iklan yang ditulis dengan menggunakan model dan struktur berita atau advertorial,” cetusnya.

Alumni Magister Hukum Unila  menegaskan penegakan prinsip tersebut penting, karena menjadi upaya serius  menjaga integritas pers dan independensi ruang redaksi selama  proses Pilkada termasuk pemilu, sekaligus sikap jujur pers kepada publik yang berhak mendapatkan informasi yang benar. (rri/*)

Penulis: Romi Rinando
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved