Bayar PBB di BRI Kini Bisa Online

Khususnya bagi nasabah BRI yang telah memiliki internet banking dan mobile banking BRI, cara bayar PBB menjadi sangat mudah.

Bayar PBB di BRI Kini Bisa Online
Istimewa
Peluncuran fasilitas pembayaran PBB Online melalui e-banking sekaligus launching aplikasi Sistem Informasi Pajak Daerah (Simpada), Selasa (31/7). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BARADATU - Untuk memberi kemudahan kepada nasabah, Bank BRI menyediakan fasilitas e-banking (internet banking dan mobile banking BRI) untuk membayar PBB Online pada Aplikasi Simpada Pemda Way Kanan.

Fasilitas pembayaran PBB Online melalui e-banking tersebut diluncurkan bersamaan dengan launching aplikasi Sistem Informasi Pajak Daerah (Simpada) Pemerintah Kabupaten Way Kanan oleh Bupati Raden Adipati Surya, Selasa (31/7).

Pemimpin Wilayah BRI Bandar Lampung Presley Hutabarat mengatakan, dengan layanan ini, bayar PBB Online di lingkungan Pemkab Way Kanan tidak perlu lagi tunai, tidak perlu datang ke kantor BRI, dan tidak perlu datang ke kantor badan pendapatan daerah.

Khususnya bagi nasabah BRI yang telah memiliki internet banking dan mobile banking BRI, cara bayar PBB menjadi sangat mudah.

“Cukup dari rumah melalui HP. Buka Aplikasi Simpada, masukkan nomor objek pajak, pilih Bank BRI, maka wajib pajak akan terhubung dengan sarana internet banking BRI. Selanjutnya, masukkan user id dan password internet banking, kemudian pilih BRIVA (BRI Virtual Account) masukkan nomor nomor objek pajak-nya, dan langsung tereksekusi bayar. Bahkan nasabah dapat langsung mencetak bukti transaksi bayarnya," jelas Presley dalam rilisnya.

Baca: Dapat Sertifikat Tanah, Warga Karangrejo Diminta Bayar PBB

Cara lainnya, lanjut Presley, nasabah juga dapat membayar pajak melalui smartphone dengan menu Mobile Banking BRI. Untuk nasabah yang telah memiliki aplikasi mobile banking, tinggal masuk melalui menu BRIVA, masukkan NOP, masukkan PIN dan bayar. Untuk menggunakan aplikasi e-banking BRI, nasabah terlebih dahulu harus melakukan registrasi financial di unit kerja BRI terdekat.

“Nasabah juga dapat membayar tagihan PBB melalui agen-agen Brilink yang terdekat dengan tempat tinggalnya, sehingga lebih praktis dan efisien dalam hal waktu dan biaya," imbuh dia.

Baca: Uang Puluhan Juta Milik Nasabah Bank BRI Mendadak Raib, Diduga Mengalir ke Luar Negeri

Sinergi antara BRI dan Pemda Way Kanan dalam menyediakan cara bayar PBB Online ini, lanjutnya, merupakan bentuk support Bank BRI sebagai mitra strategis pemkab guna meningkatkan pendapatan daerah yang bersumber dari pajak daerah.

Hal ini juga mempermudah rekonsialiasi dan meningkatkan akuntable pelaporan sebab sarana BRIVA BRI terhubung host to host dengan Data Center Kantor Pendapatan Daerah Way Kanan.

“Bank BRI siap melayani kebutuhan nasabah, para stakeholder, dan selalu bertransformasi dengan menyediakan fasilitas fasilitas yang mempermudah transaksi perbankan di era digital banking. Selain di Pemkab Way Kanan, fasilitas pembayaran PBB Online ini siap dikembangkan dan disinergikan dengan pemda di seluruh wilayah Provinsi Lampung dan Bengkulu," pungkas Presley. (*)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved