Berita Video Tribun Lampung

VIDEO - Anggota Komisi III Minta Dinas Pertanian Perhatikan Pola Tanam Petani

Komisi III meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Metro meninjau kembali kebijakan pola tanam tiga kali dalam setahun kepada petani setempat

Laporan Live Streaming Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO – Komisi III meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Metro meninjau kembali kebijakan pola tanam tiga kali dalam setahun kepada petani setempat.

"Itu kan untuk mengejar target produksi. Tapi kita kan harus jeli melihat itu. Cocok enggak di Metro. Saya misalnya di Metro Utara, enggak ada itu yang bisa tiga kali setahun," ungkap Zas Dianur Wahid, anggota Komisi III, Jumat, 28 September 2018.

Baca: VIDEO - Sajem Tak Menyangka Dapat Dana Renovasi Rumah dari PT KAI

Artinya, mau tidak mau, dinas terkait harus bisa melihat kondisi tersebut dan mencari solusi alternatif lain. Harus diselang dengan palawija. Sehingga tidak memaksakan pola tanam tiga kali setahun dan menjadikan petani sebagai eksperimen. 

"Karena ada hama, air, bibit, dan masalah lainnya. Kalau dipaksakan habis-habisan mereka untuk obat-obatan hama dan lainnya. Betul ada asuransi pertanian, tapi kan belum berjalan efektif, karena tidak bisa gagal panen langsung diganti, ada prosesnya," bebernya.

Baca: VIDEO - Truk Kontainer Vs Truk Semen, Natar-Hajimena Macet 3 Km

Menurutnya, petani di Metro belum siap dengan kebijakan tersebut. Harus disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Karena di Bumi Sai Wawai belum ada yang bisa atau mampu panen tiga kali setahun.

"Dan wilayah kita ini kan kecil. Kenapa kita tidak kerjasama saja untuk pembibitan, ketimbang menggenjot produksi. Karena itu tadi, produksi digenjot pun tidak akan signifikan hasilnya. Dengan kondisi geografis kita, harus ada inovasi sektor pertanian yang tak melulu berkutat soal produksi beras," tuntasnya. (*)

Sumber: Facebook Tribun Lampung

Videografer: Okta Kusuma Jatha
 

Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved