Tribun Bandar Lampung

PWI Minta Wartawan yang Ikuti UKW Profesional

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kepada 48 jurnalis berbagai media.

PWI Minta Wartawan yang Ikuti UKW Profesional
Tribunlampung/Bayu
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kepada 48 jurnalis berbagai media. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Bayu Saputra

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kepada 48 jurnalis berbagai media.

Ketua Bidang Daerah Organisasi PWI Pusat, Firdaus Ansueto di Gedung PWI Lampung, Selasa (6/11) mengatakan wartawan yang telah mengikuti UKW ini harus profesional.

Baca: 18 Sanggar Ikuti Lomba Tari Kreasi Gebyar Kebudayaan

Karena peserta ini sudah di uji kemampuannya dalam bidang jurnalistik, dan ini menjadi tolak ukur sebuah profesi yang telah disandangnya.

"Ketika kompetensi itu sudah disandangkan kepada kita dan pastinya tidak mudah bagi kita, ada dua pilihan yang akan kita terima pertama kita siap
tegak diatas profesi atau kita tetap menjadi budak perusahaan yang memperkerjakan kita," katanya

Ketika mampu membedakan antara profesi atau kerjaan, dan itulah menjadi hal yang terberat. Karena sampai saat ini banyak media ditolak oleh publik.

Wartawan yang berkompeten ini harus menjadi filter atas informasi yang ada saat ini. Wartawan juga dihadapkan dalam menjaga pekerjaan atau menjaga marwah kehormatan.

Baca: Bappeda: IPM Lampung Bidang Pendidikan Masih Rendah

Dua sisi itu yang menjadi tuntutan wartawan itu wajib diharuskan profesional dalam bersikap. Termasuk dengan tantangan adanya media sosial (medsos).

"Apabila medsos mampu menyajikan berita yang akurat, maka ini menjadi tantangan bagi wartawan dan perannya juga akan menjadi kecil," katanya

Ditambahkan oleh Plt Ketua PWI Lampung Nizwar Ghazali mengatakan pelaksanaan UKW kali ini hanya 99,9 persen saja yang berhasil lulus.

"Hingga akhir tahun ini ada 654 wartawan yang dinyatakan berkompetensi di provinsi Lampung ini. Apalagi dengan kapabilitas dan kapasitas yang telah diakui," katanya

Semoga menjadi wartawan yang memang memiliki kualitasnya, dan bisa menyajikan informasi yang akurat bagi publik.(byu)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved