Menkominfo dan Menperin Resmikan Laboratorium IoT XL Axiata

Salah satu alasan XL Axiata mendirikan IoT Lab ini adalah karena XL Axiata melihat business scenario IoT yang unik.

Menkominfo dan Menperin Resmikan Laboratorium IoT XL Axiata
ist
Menkominfo dan Menperin Resmikan Laboratorium IoT XL Axiata 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Internet of Things (IoT) menjadi salah satu solusi digital yang memiliki potensi besar di masa mendatang seiring dengan terus berkembangnya kebutuhan untuk mempermudah berbagai aktivitas individu dan industri.

Mempertimbangkan hal tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) membangun suatu laboratorium yang akan menjadi tempat bertemunya semua pemangku kepentingan (stakeholders) untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem IoT di Indonesia mulai dari idea generation hingga implementasi bisnis.

Hal ini dilakukan dengan meresmikan laboratorium IoT (IoT Lab) bernama X-CAMP bersama Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (13/11) kemarin.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, salah satu alasan XL Axiata mendirikan IoT Lab ini adalah karena XL Axiata melihat business scenario IoT yang unik sehingga diperlukan adanya product customization.

Keunikan tersebut disebabkan oleh kebutuhan akan solusi dari use case yang berbeda antara satu industri dengan industri lainnya.

"Nantinya use case atau kebutuhan atas solusi berbasis IoT tersebut dapat dikembangkan oleh para developer yang tergabung di dalam X-Camp, yang selanjutnya bisa direalisasikan menjadi produk atau solusi IoT sesuai dengan kebutuhan penggunanya," jelasnya dalam rilis, Rabu (14/11).

Dian menambahkan, dengan konsep IoT Open Lab dan fasilitas yang dimiliki saat ini, X-Camp merupakan IoT Innovation Lab terlengkap yang dimiliki oleh operator telekomunikasi di Indonesia.

X-Camp juga menjadi satu-satunya Lab IoT yang tergabung di GSMA Lab Alliance di Kawasan Asia Tenggara.

X-Camp akan turut aktif mengembangkan potensi sumber daya lokal, termasuk dari kalangan perguruan tinggi

Halaman
123
Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved