Berita Komunitas

Komunitas X3X Freediving Lampung Rutin Ajarkan Anggota Freediving

Di Lampung ada komunitas X3X Freediving Lampung yang siap memberikan pelatihan freediving kepada semua anggotanya sampai bisa.

Komunitas X3X Freediving Lampung Rutin Ajarkan Anggota Freediving
Ist
X3X Freediving Lampung 

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Laut di Lampung memiliki keindahan yang tidak kalah dengan dengan laut di luar Lampung. Agar bisa menikmati keindahan laut, harus melakukan scuba diving atau freediving

Di Lampung ada komunitas X3X Freediving Lampung yang siap memberikan pelatihan freediving kepada semua anggotanya sampai bisa. Latihan dijadwalkan setiap rabu, kamis, atau sabtu.

Anggota Komunitas X3X Freediving Lampung Lensiyana mengatakan, anggota bebas memilih salah satu dari ketiga hari itu untuk latihan, atau kalau mau latihan di tiga hari itu juga boleh.

Komunitas tidak pernah memaksa, karena setiap anggota memiliki kesibukan masing-masing.

"Lokasi latihan di kolam renang Unila. Sengaja pilih disini karena dari semua kolam renang di Bandar Lampung, hanya disini yang kedalaman kolam renang sampai 5 meter. Kedalaman itu yang kami butuhkan untuk latihan," kata dia.

Latihan yang dijalani berupa berenang 200 meter, dilanjutkan tahan napas (apnea) karena freediving tidak menggunakan tabung oksigen seperti scuba diving. Setelah itu latihan menyelam kedalam kolam renang. Baik anggota baru maupun lama, latihannya sama

Selain di kolam renang Unila, latihan juga diadakan di laut yang disebut open water. Waktunya setiap 1-2 bulan sekali. Selama ini open water banyak dilakukan di laut yang ada didaerah pesawaran. Tujuan dilakukan open water untuk melatih anggota freediving langsung di laut.

"Kalau latihan hanya di kolam renang, takutnya ketika freediving di laut anggota akan kaget dan terkena serangan panik, karena air di kolam renang dan di laut beda. Contoh di kolam renang tubuh mudah tenggelam, tapi dilaut tidak," ujar dia.

Setelah open water biasanya semua anggota komunitas yang ikut open water, akan melakukan fun diving. Seperti mengeksplore keindahan laut, mengambil beberapa foto, dan mencari spot menarik untuk anggota yang memiliki usaha travel. Fun diving juga sering dilakukan bersama dengan komunitas lain.

Selama fun diving berlangsung biasanya anggota menyempatkan diri untuk mengambil sampah-sampah yang ada dilaut. Kemudian sampah dibawa ke daratan dan dibuang ke kotak sampah

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved