Aktivitas GAK Meningkat, Bandara Radin Inten II Masih Normal

Peningkatan aktifitas Gunung Anak Krakatau (GAK) sejauh ini belum memengaruhi penerbangan khususnya di Bandara Radin Inten II Lampung Selatan.

Aktivitas GAK Meningkat, Bandara Radin Inten II Masih Normal
Kompas.com/Yoga Sukmana
Ilustrasi - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat tiba di Bandara Raden Inten, Lampung, Minggu (20/11/2016). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Noval Andriansyah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID – Peningkatan aktifitas Gunung Anak Krakatau (GAK) sejauh ini belum memengaruhi penerbangan khususnya di Bandara Radin Inten II Lampung Selatan. Jumlah penerbangan pun masih normal dan tidak ada penutupan sementara.

Hal tersebut disampaikan Bagian Humas Bandara Radin Inten II Lamsel Wahyu Aria Sakti. Menurut Wahyu, sampai saat ini aktifitas di bandara yang baru saja mendapatkan surat ketetapan peningakatan status menjadi internasional, masih normal.

“Masih normal dan aman. Tidak ada masalah,” ujar Wahyu saat dihubungi Kamis 27 Desember 2018.
Dalam sehari, terus Wahyu, ada sekitar 20 sampai 30 penerbangan dari dan menuju Bandara Radin Inten II Lamsel. Dengan jumlah penumpang datang dan pergi mencapai 7.000 orang.

Status Gunung Anak Krakatau (GAK) dinaikkan menjadi level III atau siaga pada Kamis (27/12/2018) pukul 06.00 WIB.

Status Gunung Anak Krakatau Jadi Siaga, BNPB Imbau Warga Jauhi Pantai Waspada Tsunami Susulan

Status Gunung Anak Krakatau Meningkat ke Level III Siaga, Dilarang Dekati GAK Radius 5 Km

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk menghindari wilayah pantai untuk mengantisipasi kemungkinan tsunami susulan. Status Gunung Anak Krakatau berada di level II atau waspada. Perubahan status GAK seiring meningkatnya aktivitas GAK.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebut, peningkatan status Gunung Anak Krakatau tersebut lantaran masih berlangsung erupsi di kawah gunung.

Pada Kamis (27/12/2018) dini hari, terdengar suara dentuman. Menurut Sutopo, ada beberapa imbauan yang harus diketahui masyarakat terkait peningkatan status GAK.

Penulis: Noval Andriansyah
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved