TRIBUNWIKI KESEHATAN

Gejala Kanker Nasofaring, Kerap Diabaikan karena Sulit Dikenali

Dokter spesialis THT di Bandar Lampung, Khaerani mengungkapkan, gejala kanker nasofaring pada awalnya memang sulit dikenali

istock
Ilustrasi - Gejala kanker nasofaring. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kanker nasofaring merupakan kanker yang berasal dari sel epitel nasofaring, di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut.

Kanker nasofaring dikenal juga dengan kanker hidung.

Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan di Bandar Lampung, Khaerani mengungkapkan, gejala kanker nasofaring pada awalnya memang sulit dikenali.

Lantaran, gejala kanker nasofaring mirip penyakit lainnya.

"Seperti mengalami telinga berdenging dan mimisan. Sehingga, banyak pasien yang abai dan menyadari setelah berada di stadium akhir," ujarnya.

Khaerani menambahkan, penyakit kanker nasofaring gejalanya semakin terlihat jelas ketika sudah masuk stadium tiga atau empat.

gejala kanker nasofaring yang dirasakan penderita antara lain semakin sering mengalami berdenging di salah satu telinga, kerap mimisan, dan terdapat benjolan pada tenggorokan, penglihatan kabur, hingga kesulitan membuka mulut.

Menurutnya, diagnosis kanker nasofaring secara dini sangat sulit.

Nggak Sangka Aktor Drama Korea Kim Woo Bin Derita Penyakit Kanker Nasofaring, Ikan Asin Penyebabnya!

Karena, tumor itu baru menimbulkan gejala pada stadium-stadium akhir.

Untuk itu, pasien harus peduli dengan hal yang dia rasakan untuk deteksi dini.

"Seperti sering mengalami telinga berdenging di salah satu sisi, telinga terasa penuh, dan hidung seperti tersumbat juga mimisan yang tiba-tiba," jelas dokter yang praktik di RS Urip Sumoharjo itu.

Karena gejala kanker nasofaring yang sulit dikenali, Khaerani menyatakan, banyak penderita tidak menyadari bahwa mereka menderita kanker nasofaring.

Pasien yang ditangani Khaerani kebanyakan datang sudah dalam kondisi stadium tiga bahkan empat.

"Banyak pasien saya seperti itu dan itu dari segala kalangan. Baik menengah ke bawah atau menengah ke atas bisa mengalami kanker nasofaring," ungkap Khaerani.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved