Public Service

Apa Makna Bohong dan Menyesatkan?

Apakah bohong dan menyesatkan adalah hal yang sama dan apakah jika menyesatkan sudah pasti bohong?

Apa Makna Bohong dan Menyesatkan?
Tribun Pekanbaru
Ilustrasi kebohongan 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - YTH Pengamat Hukum. Di UU ITE ada salah satu unsur yaitu menyebarkan berita bohong dan menyesatkan. Apakah bohong dan menyesatkan adalah hal yang sama dan apakah jika menyesatkan sudah pasti bohong? Terima kasih atas penjelasannya.
Pengirim: 085279374xxx

Tidak Miliki Arti yang Sama

KAMI jelaskan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian bohong adalah tidak sesuai dengan hal (keadaan dan sebagainya) yang sebenarnya, sedangkan pengertian menyesatkan adalah membawa ke jalan yang salah atau menyebabkan sesat (salah jalan).

Agar Tak Menyesatkan, Ini Fakta Dibalik Mitos Keracunan Makanan

Di dalam Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dua kata ini (bohong dan menyesatkan) disebut dalam unsur perbuatan, karena keduanya bertalian erat dan menimbulkan sebab akibat yang saling mendukung satu sama lain, tetapi tidak memiliki arti yang sama (bertingkat dan berjenjang).

Facebook Disebut Berikan Informasi Menyesatkan saat Beli WhatsApp

Misalkan karena tidak sesuai dengan hal (keadaan dan sebagainya) yang sebenarnya (bohong), maka membawa ke jalan yang salah atau menyebabkan sesat (salah jalan) (menyesatkan), dan sebaliknya jika membawa ke jalan yang salah atau menyebabkan sesat (salah jalan) (menyesatkan), maka hasilnya tidak sesuai dengan hal (keadaan dan sebagainya) yang sebenarnya, sehingga menjadi bohong.

Gindha Ansori Wayka SH MH
Pengamat Hukum di Bandar Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved