Public Service

Ketentuan Susunan Saf Salat dalam Islam

Saya mau tanya bagaimana susunan yang tepat sesuai aturan bagi makmum laki-laki dan perempuan ketika salat berjamaah dalam masjid.

Ketentuan Susunan Saf Salat dalam Islam
Tribun Lampung/Perdiansyah
ILUSTRASI Salat Tarawih perdana di Masjid Al-Furqon. 

Ketentuan Susunan Saf Salat dalam Islam

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth MUI Lampung. Saya mau tanya bagaimana susunan yang tepat sesuai aturan bagi makmum laki-laki dan perempuan ketika salat berjamaah dalam masjid.

Jumlah Rakaat Salat Tarawih dan Keutamaan Salat Tarawih

Apakah bisa berdampingan ataukah makmum perempuan berada posisi di belakang makmum laki-laki? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Pengirim: +6281279748xxx

Penataan Saf Dianjurkan Berurutan

Dalam fikih, konsep penataan saf yang dianjurkan dalam salat berjamaah adalah berurutan mulai dari laki-laki dewasa, anak kecil, dan saf terakhir ditempati oleh perempuan.

Sehingga, ketika ketentuan penataan saf dengan formasi demikian dilanggar, maka dihukumi makruh yang akan berpengaruh dalam hal hilangnya fadilah jamaah dari salat berjamaah yang dilakukan.

Dalam sebuah hadits Nabi dijelaskan: "Saf yang paling baik bagi laki-laki adalah saf yang paling awal, sedangkan saf yang paling buruk bagi mereka adalah saf yang paling akhir. Dan saf yang paling baik bagi wanita adalah saf yang paling akhir, sedangkan saf yang paling buruk bagi mereka adalah saf yang paling awal." (HR. Muslim)

Beda Salat Sunah Fajar dan Salat Sunah Qobliyah Subuh

Posisi penataan saf seperti di atas adalah penataan saf agar mendapat fadhilah (keutamaan) salat berjamaah. Tidak berpengaruh pada sah dan tidaknya salat.

Sehingga apabila dalam sebuah masjid menempatkan posisi jamaah perempuan berada di sebelah kiri dan di batasi dengan satir (pembatas) maka hukumnya boleh. Dan posisi saf di barisan pertama bagi perempuan adalah yang lebih utama.

KH. MUNAWIR
Ketua Komisi Fatwa MUI Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved