Public Service

Bolehkah Niat Salat Gunakan Bahasa Indonesia?

Saya mau tanya bolehkah niat dalam melaksanakan salat menggunakan bahasa Indonesia ataukah harus menggunakan bahasa Arab?

Bolehkah Niat Salat Gunakan Bahasa Indonesia?
TRIBUN LAMPUNG/PERDIANSYAH
Ilustrasi salat 

Bolehkah Niat Salat Gunakan Bahasa Indonesia? 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth MUI Lampung. Saya mau tanya bolehkah niat dalam melaksanakan salat menggunakan bahasa Indonesia ataukah harus menggunakan bahasa Arab?

Ketentuan Susunan Saf Salat dalam Islam

Mohon penjelasannya, terima kasih.

Pengirim: +6281279648xxx

Diperbolehkan

Dalam terminologi fiqih (madzhab Syafi'i), niat adalah menyengaja melaksanakan satu hal dengan disertai menjalankan sebuah kegiatan yang ia maksud. Sehingga yang menjadi persoalan di sini adalah bagaimana caranya niat.

Dalam hal ini para ulama fiqh memberi batasan seputar niat, sebagian dari batasan tersebut adalah sebagaimana yang dituturkan Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami dalam kitabnya Safinatun Najâ: Niat salat itu ada 3 (tiga) tingkatan; bila salatnya fardlu maka wajib memuat tiga unsur menyengaja melakukan pekerjaan (qashdul fi'li), menentukan salatnya (ta'yin), dan menyebutkan kefardluan (fardliyah).

Yang dimaksud dengan qashdul fi'li adalah berniat melakukan salat dimana dalam kalimat niat berupa kata "usholli" yang berarti saya berniat salat.

Berapa Jumlah Rakaat Salat Tarawih yang Benar? Simak, Penjelasan Ustaz Muhammad Solihin

Adapun yang dimaksud ta'yin adalah menentukan nama salatnya seperti maghrib, isya atau lainnya. Sedangkan yang dimaksud fardliyah adalah menyebutkan kata fardla pada saat berniat.

Dan dari batasan niat salat di atas tidak disaratkan niat harus menggunakn bahasa arab, sehingga niat salat dengan menggunakan bahasa Indonesia diperbolehkan.

Karena yang dimaksud dengan niat adalah menyengaja melaksanakan satu, dan menyengaja melaksanakan satu tersebut pelakunya harus paham dengan apa yang sedang dilakukan.

Sehingga bagi orang Indonesia kalimat yang mudah dipahami adalah kalimat dengan bahasa Indonesia.

KH. MUNAWIR
Ketua Komisi Fatwa MUI Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved