Pemilu 2019

Catatan Bawaslu di Pleno Provinsi, Mulai Pergeseran Suara sampai Perbedaan Salinan C1

Catatan Bawaslu di Pleno Provinsi, Mulai Pergeseran Suara sampai Perbedaan Salinan C1

Catatan Bawaslu di Pleno Provinsi, Mulai Pergeseran Suara sampai Perbedaan Salinan C1
Tribun Lampung/Bayu Saputra
Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriah - Catatan Bawaslu di Pleno Provinsi, Mulai Pergeseran Suara sampai Perbedaan Salinan C1 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID – Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriah memberikan kisi-kisi fokus pengawasan mereka dalam pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi.

Setidaknya ada lima poin yang akan dipaparkan sehingga menjadi rekomendasi Bawaslu dalam pleno suara tingkat provinsi ini. 

“Kita setidaknya ada lima poin yang jadi perhatian dalam pleno rekapitulasi. Pertama Persoalan yang muncul dalam rekapitulasi dari bawah, kedua laporan apa saja rekomendasi yang sudah diberikan Panwas di lapangan, apakah ditindaklanjuti atau tidak,” katanya. 

Poin ketiga kata Khoir, terkait dugaan pergeseran suara. Bawaslu memantau apakah ada pergeseran suara yang terjadi di kabupaten/kota.

Bawaslu Lampung sudah menghimpun data dari Bawaslu di 15 kabupaten/kota. 

“Ketiga apakah ada laporan pergeseran suara? Ini menyangkut etik dan pidana, keempat apakah ada laporan pasca rekab di tingkat kabupaten, dan kelima apakah ada salinan c1 yang diterima oleh Bawaslu melalui PTPS yang berbeda dengan C1 plano dan hc1 hologram KPU dan apakah ada keberatan,” jelasnya. 

Terkait salinan C1 Khoir mengaku ada beberapa hal yang berbeda, antara C1 milik KPU, Bawaslu dan saksi. 

“Ada beberap salinan yang berbeda, lebih pada kesalahan penjumlahan, yang itu sudah dikoreksi di tingkat kecamatan,” ucapnya. 

Bawaslu juga tengah menangani beberapa perkara aduan dari peserta pemilu, yang saat ini masih berjalan.

“Ada juga proses penangaan perkara yang masih berjalan, seperti Tuba ada empat laporan yang ditangani terkait dugaan pergeseran suara, Tubaba 1, Lamtim ada dua, Mesuji ada dua perkara,” ujarnya. 

Sejauh ini, Bawaslu juga menerima laporan dari masyarakat seputar dugaan pelanggaran pemilu.

“Kita menginvenmtarisasi, masih ada tidak yang bermasalah untuk direkomendasikan dalam pleno provinsi.

Kami juga menerima laporan dari masyarakat yang sudah masuk yang akan didalami, yang akan direkomendaiskan dalam pelno rekapitulasi tingkat provinsi ini.

Antara lain laporan dari NasDem, PKB, Demorkat, dan ada beberapa partaiyang tadi malam masih konsultasi seperti PDI-P masih konsultasi, PAN masih konsultasi,” pungkasnya. (ben)
 

Penulis: Beni Yulianto
Editor: Heribertus Sulis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved