Tribun Bandar Lampung

Rumah Sakit Abdul Moeloek Punya Radioterapi untuk Pengobatan Tumor

RSDUAM Lampung baru saja naik status menjadi tipe A. Kini, satu layanan unggulan yang telah tersedia adalah radioterapi.

Rumah Sakit Abdul Moeloek Punya Radioterapi untuk Pengobatan Tumor
Tribun Lampung/Eka Ahmad Sholichin
TEMPAT RADIOTERAPI - Instalasi Radioterapi Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Lampung. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Lampung baru saja naik status menjadi tipe A. Kini, satu layanan unggulan yang telah tersedia adalah radioterapi.

Layanan radioterapi itu bekerja sama dengan Departemen Radioterapi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Kepala Instalasi Radioterapi RSUDAM dr Aurika Sinambela menjelaskan radioterapi merupakan layanan untuk pengobatan penyakit tumor ganas dan beberapa jenis tumor jinak. Pengobatannya menggunakan radiasi pengion berenergi sangat tinggi dengan target merusak sel tumor.

"Radioterapi bisa diberikan sebagai terapi tunggal atau dikombinasikan dengan modalitas lain, yaitu pembedahan, kemoterapi, terapi hormonal, maupun terapi target," katanya, Kamis (16/5/2019).

Di Instalasi Radioterapi RSUDAM terdapat dua jenis terapi, yaitu radiasi eksterna dan Brakhiterapi. Radiasi eksterna artinya radioterapi dari luar tubuh pasien dengan jarak tertentu yang mengarah ke target tumor.

Sementara brakhiterapi artinya radiasi dari dalam tubuh pasien dengan jarak sangat dekat atau di dalam tumor. Pasien bisa menerima radiasi eksterna, brakhiterapi, atau keduanya tergantung indikasinya masing-masing.

"Sebagian besar dengan indikasi radiasi akan menerima radiasi eksterna. Sedangkan brakhiterapi biasanya untuk kanker kandungan (leher rahim atau dinding rahim), dengan atau tanpa radiasi eksterna," paparnya. 

(Tribunlampung.co.id/Eka Ahmad Sholichin)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved