Tribun Metro

Paket Sembako Dibeli Rp 15 Ribu, Pasar Rakyat di Iringmulyo Diserbu Warga

Pasar rakyat di Lapangan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Metro diserbu warga, Sabtu

Paket Sembako Dibeli Rp 15 Ribu, Pasar Rakyat di Iringmulyo Diserbu Warga
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK PASAR RAKYAT - Pasar rakyat yang digelar Pemkot Metro di Lapangan Iringmulyo, Minggu (19/5). Gelaran pasar murah itu bertujuan untuk membantu warga kurang mampu 

Paket Sembako Dibeli Rp 15 Ribu, Pasar Rakyat di Iringmulyo Diserbu Warga

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pasar rakyat di Lapangan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Metro diserbu warga, Sabtu (18/5) dan Minggu (19/5).

Pasar rakyat yang bertujuan untuk membantu warga kurang mampu dan sekaligus mendorong daya beli masyarakat tersebut turut melibatkan pihak swasta Chandra swalayan, FB swalayan, dan lainnya.

Wakil Wali Kota Metro Djohan mengaku, pihaknya mengapresiasi antusiasme warga yang datang serta membeli produk di pasar murah. Dimana Pemkot telah membagikan ribuan kupon kepada masyarakat yang tinggal di Kecamatan Metro Timur.

Bupati Tulangbawang Winarti Layani Emak-emak di Pasar Murah Ramadan

"Alhamdulillah acara tadi sudah dibanjiri masyarakat. Pemkot Metro telah menyediakan paket sembako murah dengan cara menyetorkan kupon yang sudah dibagikan untuk kemudian ditebus dengan uang sebesar Rp 15.000," ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan kupon dan uang Rp 15 ribu, masyarakat bisa langsung bawa pulang paket sembako senilai Rp 79.000. "Jadi bayarnya cuma Rp 15 ribu saja. Memang tidak gratis, tapi subsidi harga. Karena harga aslinya itu Rp 79 ribu," katanya lagi.

Ibu-ibu Antre di Pasar Murah Ramadan Pemkab Tulangbawang

Dijelaskannya, jumlah kupon belanja yang dibagikan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Metro Timur sebanyak 1.360 kupon. Dengan paket sembako yang berisi 2 kilogram beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, kecap manis, dan mie instan.

Pasar rakyat Metro Timur, terus Djohan, digelar selama dua hari (Sabtu dan Minggu). Selain paket sembako, dijual juga daging dan jajanan, serta pakaian layak pakai dengan harga yang relatif murah dan terjangkau juga dijual di lokasi.

Sementara Yuli, warga Metro Timur mengaku, dirinya terbantu dengan adanya kupon sembako dari pemerintah. Ia berharap, gelaran serupa lebih sering dibuat untuk membantu warga miskin. "Kalau bisa sih gratis saja yah atau harganya 5 ribu tah," bebernya.

Perlu Diawasi

Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki mengapresiasi dan mendukung program pasar murah atau subsidi pemerintah untuk membantu bagi warga tidak mampu di wilayah setempat.

Namun demikian, pihaknya meminta pelaksanaan perlu diawasi dan disosialisasikan dengan benar. Sehingga betul-betul tepat sasaran untum membantu warga kurang mampu dalam merayakan bulan puasa dan Idul Fitri 2019.

"Upaya untuk menjaga daya beli masyarakat memang perlu dijaga. Tentu kita berharap ke depan semakin baik. Dan jika memungkinkan kenapa tidak gratis sekalian. Kalau memang APBD kita mampu. Dan tentu semakin banyak melibatkan pihak swasta," tuntasnya.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved