Tribun Metro

BPJS Pastikan Pelayanan Berlaku se-Indonesia Selama Mudik Lebaran

BPJS Kesehatan memastikan pelayanan untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat berlaku di seluruh Indonesia selama mudik lebaran.

BPJS Pastikan Pelayanan Berlaku se-Indonesia Selama Mudik Lebaran
Tribunlampung.co.id/Indra
BPJS saat konferensi pers terkait pelayanan selama mudik dan libur Idul Fitri 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - BPJS Kesehatan memastikan pelayanan untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berlaku di seluruh Indonesia selama mudik lebaran Idul Fitri, 29 Mei hingga 13 Juni.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro Sudiyanti mengatakan, peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir. Karena fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, termasuk di luar kota, tetap melayani sekalipun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

"Nah, untuk melihat daftar FKTP, bisa cek lewat aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400," bebernya saat Konferensi Pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Senin (27/5).

Ia menjelaskan, apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat.

"Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan, itu wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku," imbuhnya.

BREAKING NEWS - Siang Ini Khamami Jalani Sidang Perdana di PN Tipikor Tanjungkarang

Namun demikian, Sudiyanti mengingatkan, pelayanan kesehatan hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Karenanya, peserta yang sedang mudik wajib membayar iutan dan membawa kartu JKN-KIS.

"Kalau untuk cek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan iuran JKN-KIS, itu bisa melalui aplikasi Mobile JKN. Kami juga mengembangkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di-download secara gratis di Playstore dan Appstore," katanya lagi.

Isi Warung Warga Bukit Kemuning Dikuras Komplotan Maling Saat Pemiliknya Tarawih di Musala

Aplikasi menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra, tanya jawab, info, tips, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan. "Terus kita juga ada posko di pelabuhan, seperti Merak atau Bakau Heni. Tapi untuk Metro kita tidak ada posko," imbuhnya.

Selasa Besok Ada Penyeberangan Gratis Bagi Pemudik Sepeda Motor, Berikut Syarat dan Jadwalnya

Selama masa libur lebaran, pihaknya juga membuka layanan khusus di rumah sakit melalui Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) rumah sakit yang meliputi pendaftaran bayi baru lahir bagi peserta segmen mandiri, perhitungan denda layanan, dan penanganan pengaduan.

(Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved