Tribun Lampung Tengah

297 Napi di Lapas Gunung Sugih Dapat Remisi Lebaran, 1 Orang Bebas

Sebanyak 297 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunung Sugih, mendapatkan remisi Hari Raya Idul Fitri.

297 Napi di Lapas Gunung Sugih Dapat Remisi Lebaran, 1 Orang Bebas
Tribunlampung.co.id/Syamsir
Lapas Kelas III Gunung Sugih 

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, GUNUNGSUGIH - Sebanyak 297 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunung Sugih, mendapatkan remisi Hari Raya Idul Fitri. Dari jumlah tersebut, satu orang dinyatakan bebas langsung.

Kepala Lapas (Kalapas) Gunung Sugih Syarpani, Senin (10/6/2019) mengatakan, untuk remisi Idul Fitri pihaknya mengajukan sebanyak 297 narapidana ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kemenkum HAM mendapatkan pemotongan masa tahanan.

"Mereka semua yang kita ajukan sudah susuai dengan ketentuan, yakni berkelakuan baik, sudah menjalani seperempat masa tahanan, serta aktif dalam kegiatan di dalam Lapas. Masing-masing tahanan mendapatkan remisi 1 bulan hingga tiga bulan masa tahanan. Satu orang dinyatakan bebas lansgung," ujar Syarpani.

Syarpani melanjutkan, dengan adanya remisi hari besar dan keagamaan, diharapkan mampu memberikan motivasi kepada para tahanan untuk terus meningkatkan pengabdian, serta instrospeksi diri sebelum kembali ke tengah-tengah masyarakat.

 Saat ini total seluruh narapidan di Lapas Gunung Sugih lanjutnya sebanyak 336 orang. Jumlah tersebut sudah over kapasitas dari daya tampung Lapas yakni sebanyak 250 orang.

"Momentum Idul Fitri dan pemberian remisi ini agar narapidana dapat termotivasi, berprilaku lebih baik lagi dan menyadari akan kesalahan yang telah diperbuat sebelumnya, serta tidak mengulanginya kembali di masa depan," tandasnya.

Lowongan CPNS dan PPPK 2019, Tersedia 168.636 Posisi di Pusat dan Daerah

Pelaku Pencurian Uang Rp 4,8 Juta di Terbanggi Besar Ditangkap Usai Satu Bulan Buron

Sementara Kepala Sub Seksi Admisi Orientasi Lapas Kelas III Gunung Sugih, Pebri Sadam mengatakan, upacara pemberian remisi telah dilakukan setelah Salat Idul Fitri, Rabu (5/6) lalu.

"Kita melakukan Halal Bi Halal terlebih dahulu kepada seluruh tahanan, staf, jajaran dan pegawai di Lapas. Setelah itu pemberian remisi diberikan langsung kepada narapidana yang menerimanya," pungkasnya.(sam)

Penulis: syamsiralam
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved