Tribun Mesuji

Sipades, Aplikasi untuk Pengelolaan Aset Desa

Plt Bupati Mesuji Saply TH membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Aset Desa (Sipades) di Hotel Emersia, Bandar Lampung, Jumat malam.

Sipades, Aplikasi untuk Pengelolaan Aset Desa
Ist
Plt Bupati Mesuji Buka Acara Bimtek Sipades 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Plt Bupati Mesuji Saply TH membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Aset Desa (Sipades) di Hotel Emersia, Bandar Lampung, Jumat (28/06) malam.

Hadir pada kesempatan itu, Direktur Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benny Iriawan, Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Dalman, Kepala Kejaksaan Negeri Tulangbawang Anshari, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mesuji Sunardi.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Saply menyampaikan bahwa sesuai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa memiliki kewajiban untuk melakukan pengelolaan aset Desa guna meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Desa serta meningkatkan pendapatan Desa.

Berdasarkan hal tersebut, saat ini Kemendagri telah meluncurkan aplikasi Sipades guna pengelolaan aset Desa yang berpedoman pada Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa dan Pedoman Umum Kodefikasi Aset Desa.

Bimtek ini menurutnya, memiliki makna strategis sebagai salah satu perwujudan pembinaan Pemerintah Daerah terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Desa dalam rangka pelaksanaan Sipades, mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan aset Desa.

“Saya berharap melalui Bimtek ini, mampu menambah wawasan dan cakrawala berpikir bagi Bapak dan Ibu sekalian dalam rangka peningkatan kemampuan dan kapasitas diri yang akan bermuara pada pelayanan yang prima terhadap masyarakat,” harapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perangkat desa di tujuh kecamatan dan akan berlangsung selama tiga hari mendatang. Peserta akan dibekali dengan berbagai pengetahuan dari para narasumber yang berasal dari Kemendagri, Polda Lampung, dan Kejaksaan Tinggi Lampung terkait jalannya pengelolaan aset desa.

(Tribunlampung.co.id/endra zulkarnain)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved