Tribun Tulangbawang

Triwulan I Tahun 2019, Tercatat 11 Warga Tuba Positif HIV

Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tulangbawang mencatat hingga triwulan pertama tahun 2019 sebanyak 11 orang di wilayah setempat positif HIV.

Triwulan I Tahun 2019, Tercatat 11 Warga Tuba Positif HIV
healthline.com
Ilustrasi HIV 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tulangbawang mencatat hingga triwulan pertama tahun 2019 sebanyak 11 orang di wilayah setempat positif terjangkit penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Plt Kepala Diskes Tulangbawang Fatoni, didampingi Kabid Pemberantasan, Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Feriyani Sa’id, mengatakan bahwa data 11 orang yang positif HIV ini didapat dari 18 Puskesmas dan 3 rumah Sakit yang ada di Tuba.

"Ini berdasarkan laporan per triwulan," terang Fatoni, Jumat (05/07).

“Dari Puskesmas Menggala ada, tapi yang banyak itu dari Puskesmas Tuba 1 Unit II, lalu Dente Teladas," bebernya.

Meski demikian, Diskes Tuba enggan membeberkan identitas lengkap orang yang terkena HIV ini.

"Ini untuk menjaga agar para pengidap penyakit mematikan ini tidak dikucilkan dari keluarga dan lingkungannya," paparnya.

Sementara untuk melakukan pencegahan agar penyakit HIV ini tidak meluas, pihaknya telah melaksanakan penyuluhan.

Baik itu ke sekolah-sekolah, lembaga pemasyarakatan (rutan), lalu juga bekerjasama dengan Polres, Koramil dan instansi lainnya.

“Kita sosialisasikan tentang bahaya pergaulan seks bebas, lalu juga tentang ciri-ciri gejala penyakit HIV," terang Fatoni.

Dia menyebut, ciri-ciri awal orang yang terjangkit HIV mirip dengan TBC, yakni batuk berdahak yang lebih dari 2 minggu disertai dengan berat badan menurun atau kurus.

Halaman
123
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved