Tribun Bandar Lampung

Ciptakan Lagu Yakin, Endank Soekamti Terinspirasi dari Bantuan Air Bersih

Grup band pop punk Endang Soekamti menghibur penikmat musik di Lampung melalui konser NGEHITS di Lapangan Korem 043 Garuda Hitam.

Ciptakan Lagu Yakin, Endank Soekamti Terinspirasi dari Bantuan Air Bersih
Tribunlampung.co.id/Deni Saputra
Band Endank Soekamti menggelar konferensi pers di Hotel Horison, Bandar Lampung, Sabtu (13/7/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Grup band pop punk Endang Soekamti menghibur penikmat musik di Lampung melalui konser NGEHITS di Lapangan Korem 043 Garuda Hitam, Enggal, Bandar Lampung, Sabtu (13/7/2019) malam.

Mereka menyuguhkan lagu-lagu hasil request (permintaan) masyarakat Lampung via media sosial.

Di antara persembahan lagu-lagu itu, ada lagu "Yakin" dari album Air. Ini merupakan album terbaru Endank Soekamti, grup band yang terbentuk pada 1 Januari 2001 dengan album pertama Kelas 1 dan single song andalan Bau Mulut.

Erix, vokalis Endank Soekamti, mengungkap makna lagu "Yakin" tersebut. Ia menuturkan lagu itu tercipta karena terinspirasi dari aktivitas Endank Soekamti ketika membantu warga Pulau Kepa, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

"Makna lagu Yakin, bahwa untuk mendapatkan sebuah pencapaian, harus memiliki keyakinan. Sama seperti keyakinan Endank Soekamti saat membantu warga Pulau Kepa, Alor, mendapatkan air bersih dengan memasang mesin SWRO (Sea Water Reverse Osmosis/teknologi mesin untuk mengolah air laut menjadi air tawar)," jelasnya saat konferensi pers di Hotel Horison, Bandar Lampung, Sabtu siang.

"Keyakinan itu yang menginspirasi kami menulis lagu berjudul Yakin. Video klip lagu kami buat di dalam air, karena terinspirasi dengan bantuan air bersih yang kami berikan," sambungnya.

Judul video klip tersebut sama dengan nama album, Air. Endank Soekamti segera merilisnya. Album itu sendiri sekaligus penanda mulainya gerakan pengadaan air bersih bernama Tirta Nusantara, yang merupakan misi kemanusiaan Endank Soekamti.

"Misi itu di pulau-pulau yang membutuhkan air bersih. Sampai sekarang, masih banyak pulau di Indonesia yang kesulitan air bersih. Contohnya di Pulau Kepa, Alor. Itu sebabnya kami bantu adakan air bersih di sana dengan memasang mesin SWRO, dan pulau itu menjadi pulau pertama misi kami," tutur Erix.

Sejak album ketujuh, jelas Erix, Endank Soekamti selalu memiliki misi dalam pembuatannya. Album ketujuh berjudul Soekamti Day misalnya, melahirkan Does University dengan misi pendidikan.

Kemudian album kedelapan berjudul Salam Indonesia melahirkan Trip Salam Indonesia dengan misi budaya. Lalu album kesembilan berjudul Air yang melahirkan gerakan Tirta Nusantara dengan misi kemanusiaan. 

(Tribunlampung.co.id/Jelita Dini Kinanti)

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved