Tribun Bandar Lampung

Pemprov Lampung Usulkan 500 Formasi CPNS 2019

Pemprov Lampung mengusulkan 500 formasi untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.

Pemprov Lampung Usulkan 500 Formasi CPNS 2019
Tribunlampung.co.id/Dodi Kurniawan
ILUSTRASI - Pemerintah akan membuka penerimaan CPNS 2019 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemprov Lampung mengusulkan 500 formasi untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.

Usulan itu berdasarkan kebutuhan pegawai di lingkungan pemprov dengan merujuk Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/617/M.SM.01.00/2019 tentang Pengadaan Aparatur Sipil Negara.

Mengacu SE Menpan RB, pemerintah daerah mengajukan usul formasi CPNS dengan alokasi 30 persen. Sementara 70 persennya merupakan usul untuk penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Usulan 500 formasi CPNS 2019 untuk Pemprov Lampung sudah berdasarkan surat edaran dan arahan (Menpan RB) mengenai Zero Growth," kata Analis Kepegawaian Dimas Srimanjaya mewakili Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi BKD Lampung Henry Riduan di kantor BKD Lampung, Rabu (17/7/2019).

"Artinya, pengadaan CPNS atau PPPK hanya untuk mengganti PNS yang pensiun atau PNS yang keluar instansi. Pengadaan hanya untuk menutup kebutuhan," sambungnya.

Dimas menjelaskan pemprov masih membutuhkan jabatan administrator seperti pelaksana dan jabatan fungsional dalam penerimaan CPNS 2019.

"Sedangkan untuk PPPK, formasinya khusus untuk jabatan fungsional. Seperti guru, polisi kehutanan, dan sebagainya," ujarnya.

Meskipun telah menyampaikan usulan formasi penerimaan CPNS, BKD Lampung hingga saat ini belum bisa memastikan persetujuan usulan tersebut.

"Kami tunggu saja, karena kewenangannya ada di (pemerintah) pusat," kata Dimas.

Sebagai informasi, jumlah PNS di lingkungan Pemprov Lampung sekarang berkisar 16 ribu orang. Sementara tenaga honorer di lingkungan pemprov sekitar 3.600 orang. 

(Tribunlampung.co.id/Audy Aminda Yusandani)

Penulis: Audy Aminda Yusandani
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved