Ibadah Haji 2019

385 Calhaj Kloter 37 Asal Lampung Tengah Dilepas Bupati Loekman Djoyosoemarto

Sebanyak 385 orang jemaah haji dari kelompok terbang (Kloter) 37 asal Lampung Tengah dilepas oleh Bupati Loekman Djoyosoemarto.

385 Calhaj Kloter 37 Asal Lampung Tengah Dilepas Bupati Loekman Djoyosoemarto
Tribunlampung.co.id/Syamsir
Bupati Loekman Djoyosoemarto melepas jemaah haji kloter 37 di rumah dinas wakil bupati. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,GUNUNGSUGIH - Sebanyak 385 orang jemaah haji dari kelompok terbang (Kloter) 37 asal Lampung Tengah dilepas oleh Bupati Loekman Djoyosoemarto di Rumah Dinas Wakil Bupati, Gunung Sugih, Selasa (23/7/2019).

Pelepasan tersebut merupakan yang kedua untuk jemaah haji asal Lamteng, setelah sebelumnya, Rabu (10/7) sebayak 402 orang orang yang tergabung di Kloter 05 diberangkatkan di lokasi yang sama.

Dalam sambutannya Bupati Loekman Djoyosoemarto mengatakan, jemaah haji Lamteng supaya dapat menjaga kesehatan selama menjalankan rangkaian ibadah di di tanah suci.

"Jaga kesehatan kita, karena ibadah haji ini melibatkan fisik dan tenaga yang penuh. Jadi dari sekarang kita siapkan tenaga supaya selama kita di tanah suci dapat menjalankan semua rukun haji sebagai salah satu syarat sah (berhaji)," kata bupati.

Tak hanya itu, bupati menyampaikan supaya para jemaah haji saling mengingatkan dan selalu dalam rombongannya, serta mendengarkan instruksi pembimbing.

Menurutnya, selama menjalankan ibadah haji, jemaah haji akan bertemua dengan jutaan manusia di tanah suci, sehingga sangat diperlukan adanya koordinasi antar jemaah haji dan para pembimbing.

"Jangan sampai terpisah dari rombongannya. Dengarkan instruksi yang akan diberikan pembimbing, Insya Allah kita akan selalu bersama-sama saat pergi dan kembali ke tanah air," imbuhnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lamteng Jamaludin menyatakan, total jemaah haji Lamteng tahun ini sebanyak 1.353 orang.

Jumlah di atas lanjut Jamaludin terdiri dari 649 laki-laki dan 704 perempuan. Selain itu mereka terbagi dalam lima kloter, yakni kloter 05, kloter 37, kloter 50, kloter 58, dan kloter 64.

Untuk jumlah petugas yang mendampingi dan menyertai jemaah haji kata Jamaludin terdiri atas TPHD, TPIHD, dan TKHD Lamteng lima orang, TPHI, TPIHI, TKHI, paramedis 20 orang, ketua rombongan (Karom) 30 orang dan ketua regu (Karu) 123 orang.

Untuk jemaah haji termuda atas nama Ulfa Dwinovita Sari (22) warga Kecamatan Kota Gajah, sementara jemaah haji tertua bernama Waginah Atma Wirana (96) warga Kecamatan Kalirejo. Keduanya tergabung dalam kloter 58.

(Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam)

Penulis: syamsiralam
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved