Tribun Bandar Lampung

Pemprov Lampung Upayakan Daerah Penerima BOSDA Bertambah

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim memastikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) tetap akan ada untuk 2020.

Pemprov Lampung Upayakan Daerah Penerima BOSDA Bertambah
Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra
Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim diwawancarai wartawan seusai menghadiri wisuda Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Selasa 30 Juli 2019. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim memastikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) tetap akan ada untuk 2020.

Pemprov Lampung, menurut dia, bahkan akan mengupayakan penambahan daerah penerima BOSDA. Dengan catatan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lampung dalam kondisi sehat.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung sebelumnya memastikan telah menyalurkan BOSDA semester pertama 2019 pada Juni lalu. Nilainya Rp 43 miliar untuk 43.139 siswa-siswi SMA dan SMK.

Nunik, sapaan akrab Chusnunia, menjelaskan pemprov akan berusaha menambah daerah penerima BOSDA pada 2020.

Sementara ini, ada enam daerah yang menerima BOSDA, yaitu Bandar Lampung, Pesisir Barat, Lampung Utara, Lampung Barat, Way Kanan, dan Mesuji.

"Tahun ini, BOSDA tetap ada. Tapi menyesuaikan anggaran yang ada sekarang. Tahun depan, akan kami dorong (jumlah daerah penerima) bertambah jika anggaran sudah sehat," katanya seusai memberi sambutannya di hadapan 998 lulusan Universitas Islam Negeri Raden Intan, Selasa (30/7/2019).

Pada tahun ini, Nunik menyatakan keuangan Pemprov Lampung masih defisit. Karena itu, pihaknya akan mencermati lagi kondisi keuangan.

"Pada APBD Perubahan tahun ini, ada asumsi bahwa pemprov masih mengalami defisit keuangan cukup tinggi. Makanya kami masih mencermati keadaan keuangan," ujarnya.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikbud Lampung Teguh Irianto berharap BOSDA tetap ada untuk tahun anggaran berikutnya.

"Berharap masih ada BOSDA. Program ini bagus, kepentingannya untuk masyarakat," katanya.

Kepala Seksi Kelembagaan Disdikbud Lampung A Farid Febrian, 8 Juli, lalu memastikan BOSDA telah tersalur ke enam daerah penerima pada Juni.

"Setiap siswa per tahun akan dapat beasiswa (BOSDA) Rp 1 juta untuk lima kabupaten dan Rp 1,5 juta untuk Bandar Lampung," ujarnya kepada awak media. (Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved