Tribun Metro

19 Warga Terima Bantuan Program Jambanisasi

Sebanyak 19 warga di Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur mendapat bantuan program jambanisasi.

19 Warga Terima Bantuan Program Jambanisasi
program sanitasi ilustrasi 

19 Warga Terima Bantuan Program Jambanisasi

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Sebanyak 19 warga di Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur mendapat bantuan program jambanisasi.

"Untuk di Kelurahan Yosodadi ini ada 19 jamban milik masyarakat yang belum memenuhi kriteria sehat. Karenanya, tahun ini kita beri bantuan untuk mewujudkan jamban sehat," terang Lurah Yosodadi Fitri, Senin (5/8)

Dijelaskannya, program jambanisasi diwujudkan dengan menggunakan anggaran dana kelurahan (ADK). Bantuan tersebut diberikan dengan melihat kondusi toilet masing-masing masyarakat.

Polisi Kembali Sita Puluhan Botol Miras di Metro Timur

"Kita lihat dari kondisi toiletnya seperti apa. Jika septic tank belum layak kita buatkan. Namun jika bowelnya juga belum memenuhi kriteria sehat, kita akan buatkan juga yang sehat dan sesuai," imbuhnya.

Fitri menjelaskan, bantuan tersebut diberikan sebagai upaya pemerintah untuk mengentaskan jamban yang belum sehat. Karena tahun ini pemerintah fokus untuk mewujudkan program jambanisasi melalui ADK.

Kecamatan Metro Timur Dapat Rp 23 Miliar

"Untuk tahun memang fokus mengentaskan jamban yang tidak sehat. Ini sebagai upaya pemerintah untuk mewujudkan sanitasi sehat dan BABS dengan program jambanisasi," katanya lagi.

Ditambahkannya, selain program jambanisasi, ADK Yosodadi juga digunakan untuk pembangunan drainase. Diakuinya, di Kelurahan Yosodasi masih banyak daerah yang belum memiliki drainase memadai.

"Terutama di RW 11 dan RW 12 masih banyak banget yang belum memiliki irigasi. Karena ADK ini bersifat swadaya masyarakat, maka kita libatkan masyarakat untuk merealisasikan ADK ini," tuntasnya.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved