Tribun Lampung Utara

Hingga Juli Tercatat 9 Kasus Kebakaran di Lampung Utara, Mayoritas Akibat Korsleting Listrik

Hingga bulan Juli tahun 2019, jumlah kebakaran di kabupaten Lampung Utara tercatat sebanyak 9 kasus.

Hingga Juli Tercatat 9 Kasus Kebakaran di Lampung Utara, Mayoritas Akibat Korsleting Listrik
Muhamad Syahri Romdhon/kompas TV
Ilustrasi kebakaran - Hingga Juli Tercatat 9 Kasus Kebakaran Terjadi di Lampung Utara, Mayoritas Akibat Korsleting Listik 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Hingga bulan Juli tahun 2019, jumlah kebakaran di kabupaten Lampung Utara tercatat sebanyak 9 kasus.

Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan tenggat waktu setahun sebelumnya yang berjumlah 10 kasus.‎

"Ada penurunan jumlah kebakaran. Ini berarti kesadaran warga dalam antisipasi sudah membaik," kata Muhsin, Plh kepala bidang pemadam kebakaran, Satpol PP Lampura, Rabu 7 Agustus 2019. 

Terakhir, kebakaran menimpa rumah Suasamah warga Dusun Comok, ‎pada Selasa 6 Agustus 2019 malam. Untuk penyebab kebakaran terbanyak akibat dari korsleting listrik dari kabel listrik di stop kontak. Ia mengimbau kepada warga apabila ada kabel yang terkelupas, hendaknya langsung diganti. 

Dalam pencegahan kebakaran, pihaknya meminta kepada warga untuk Sudahkah kompor dimatikan? Kompor minyak tanah dan gas harus di rawat dengan baik, sehingga api bisa menyala dengan baik. Untuk kompor minyak tanah, pastikan sumbu kompor masih panjang.

"Untuk kompor gas pastikan tidak ada kebocoran di selang atau sistem yang lain. Kalau perlu dipasang gas detector," ujarnya.

Lampu penerangan dengan bahan bakar minyak sebaiknya dimatikan sebelum tidur. ‎Apabila menggunakan nyamuk bakar, pastikan ditaruh di tempat yang aman. Jauh dari benda-benda yang mudah terbakar. Kemudian ‎pastikan bahwa instalasi listrik di rumah aman.

Satu Keluarga Tewas dalam Kebakaran di Teluk Gong, Ditemukan Sedang Berpelukan di Dalam Ruko

Pembebanan yang berlebihan pada satu stop kontak akan menyebabkan kabel panas dan akan bisa memicu kebakaran.

Ini biasanya dilakukan dengan penumpukan beberapa stop kontak atau T kontak pada satu titik sumber listrik.

Selain itu, ‎pastikan stop kontak dan steker (kontak tusuk) dalam keadaan baik. Sehingga waktu steker dimasukkan dalam stop kontak, terjadi sambungan yang stabil (tidak bergerak-gerak) Karena ini akan menimbulkan percikan api yang dapat memicu kebakaran.

Kebakaran Warung, Istri dan Anak Prajurit TNI Tewas

Halaman
12
Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved