Tribun Tanggamus

Untuk Permudah Distribusi, Pertamina dan Pemkab Tanggamus Cek Lokasi Calon SPBE di Pugung

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) sedang diupayakan berdiri di Tanggamus.

Untuk Permudah Distribusi, Pertamina dan Pemkab Tanggamus Cek Lokasi Calon SPBE di Pugung
TribunLampung/Tri Yulianto
Bakal calon lokasi SPBE untuk Tanggamus di Pekon Banjar Agung Udik, Kec. Pugung. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) sedang diupayakan berdiri di Tanggamus.

Menurut Kasubag Distribusi Daerah, Bagian Pembangunan, Pemkab Tanggamus Irhamsyah Kundo, saat ini masih tahap survei lokasi oleh PT Pertamina, pemkab, dan beberapa pihak lainnya.

"Calon lokasi SPBE berada di pinggir jalan lintas barat (jalinbar) Pekon Banjar Agung Udik, Kecamatan Pugung. Luas lahan 6.870 meter persegi," ujar Irhamsyah.

Untuk status lahan tersebut sekarang dimiliki pihak swasta atas pembelian dari warga. Selanjutnya pihak tersebut mengajukan izin pendirian SPBE di Tanggamus. Sebab di kabupaten ini belum ada SPBE.

Kemudian dilakukan survei untuk mengetahui kondisi lapangan dan sebagai penentuan kelayakan lokasi jika didirikan SPBE.

"Untuk lokasinya cocok, saat ini perizinan sedang diurus, kami optimis, Pertamina mengabulkan sehingga SPBE bisa berdiri di Tanggamus," ujar Irhamsyah.

Ia mengaku, penentuan diputuskan oleh PT Pertamina, sebab nantinya SPBE akan berhubungan erat dengan BUMN tersebut. Sedang pemkab hanya dilibatkan dalam perizinan dan cek lokasi.

Nantinya SPBE dikelola pihak swasta, berdasarkan stok elpiji dari PT Pertamina yang dikirimkan lewat mobil tangki. Kemudian di SPBE gas diisikan ke tabung berbagai ukuran untuk kebutuhan elpiji masyarakat.

Selama ini distribusi elpiji dalam bentuk berbagai tabung yang ada di Tanggamus didapat dari SPBE yang ada di Kec. Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu.

Maka wajar jika ada harapan SPBE juga bisa berdiri di Tanggamus. Sebab akan mengurangi besar ongkos angkut yang berimbas pada harga jual elpiji. Kemudian juga tingkatkan kecukupan pemenuhan elpiji di sini.

(tribunlampung.co.id/tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved