Kompas Gramedia Lampung Award

Pringsewu Jagokan Program Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu, dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Pemaparan program inovasi prorakyat tersebut merupakan pre-event dari kegiatan Kompas Gramedia Lampung Award pada awal Oktober 2019 nanti.

Pringsewu Jagokan Program Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu, dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
TRIBUNLAMPUNG/ANDI ASMADI
Tim dari Pringsewu memaparkan program inovasi prorakyat di Pulau Tegal Mas, Kamis 22 Agustus 2019. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Kabupaten Pringsewu tampil dengan program Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) saat memaparkan program inovasi prorakyat di Pulau Tegal Mas, Kamis 22 Agustus 2019.

Pemaparan program inovasi prorakyat tersebut merupakan pre-event dari kegiatan Kompas Gramedia Lampung Award pada awal Oktober 2019 nanti.

Program ini dijalankan sejak 2017 dan didukung oleh Kemensos RI. Sistem ini membantu identifikasi masyarakat miskin dan menghubungkan mereka dengan program kegiatan pemerintah pusat, maupun kabupatan, dan juga swasta.

Program dari kabupaten yang dipimpin Sujadi Saddat ini juga mengidentifikasi keluhan masyarakat, yang belum maksimal merasakan bantuan yang diberikan.

"Pada 2018-2019, angka kemiskinan di Pringsewu turun hingga 0,8 persen, dan ini satu-satunya di Lampung," kata pemapar dari Pringsewu.

Program SLRT ini ada aplikasinya, dan siapapun bisa mengakses. Setiap pengaduan tercatat seluruhnya dalam form aplikasi. Nantinya setiap permasalahan yang diadukan akan dipilah sesuai bidangnya.

Bagaimana kalau ada pengaduan yang perlu penanganan cepat? Dibentuk tim reaksi cepat yang siap langsung menangani permasalahan yang dilaporkan.

Program lain, yakni STBM atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Dari program ini dibentuk Gerakan Bersama Rakyat, didukung oleh rakyat, TNI, dan Polri. Kegiatannya, mengatasi jamban yang buruk yang masih dipakai masyarakat.

Untuk program ini, digelar deklarasi bersama yang merupakan kesatuan sikap dari seluruh komponen masyarakat dan pemerintah untuk memperbaiki sanitasi masyarakat. Juga dilakukan persemian tugu ODF.

Penulis: Andi Asmadi
Editor: Andi Asmadi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved