VIDEO Material Smart SIM Belum Tiba, Polresta Bandar Lampung Keluarkan SIM Sementara

Jelang peluncuran smart SIM (Surat Izin Mengemudi), Polresta Bandar Lampung keluarkan SIM sementara berupa selembar kertas keterangan.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Jelang peluncuran smart SIM (Surat Izin Mengemudi), Polresta Bandar Lampung keluarkan SIM sementara berupa selembar kertas keterangan.

SIM sementara ini diberlakukan oleh Polresta Bandar Lampung sejak Senin 2 September 2019.

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung AKP Reza Khomeini mengatakan sementara waktu ini pihaknya mengeluarkan SIM sementara hingga 22 September 2019 kepada pemohon SIM.

"Sementara kami terbitkan SIM sementara sambil menunggu material smart SIM yang nanti 22 September dilaunching secara nasional oleh Bapak Kapolri atau Bapak Kakorlantas," ungkapnya, Rabu 11 September 2019.

Lanjutnya, selain itu stock material SIM sudah tidak ada lagi dan tidak diproduksi Kakorlantas, maka pihaknya menunggu penggunaan material smartsim.

"Sim sementara ini sudah terintegrasi dengan aplikasi yang terbaru, jadi nanti tanggal 22 masyarakat pemohon SIM tinggal membawa kertas yang sudah dibawakan untuk ditukarkan dengan material baru," tandasnya.

Cara Bikin Smart SIM Terbaru 2019, Lengkap Syarat Pembuatan SIM Baru serta Biayanya

Segera Dirilis Smart SIM, Kegunaannya Bisa Dipakai untuk Bayar Tol dan Juga Belanja

Sementara itu, Kasi SIM Ditlantas Polda Lampung AKP Hendra Gunawan mengatakan Smart SIM sendiri akan dilauncing tanggal 22 September bertepatan dengan hari ulang tahun Bhayangkara Lalulintas.

"Smart SIM ada tiga fungsi pertama adalah untuk data forensik kepolisian, itu akan mencantumkam data data pemegang SIM," katanya.

"Kedua data pelanggaran dan kecelakaan. Jadi orang melakukan pelanggaran akan terdata disitu nanti dan juga terlibat kecelakaan akan terdata didata SIM itu," imbuhnya.

Selanjutnya, kata dia, yang terbaru adalah Emoney atau uang elektronik yang akan bisa digunakan saat pembayaran-pembayaran non tunai.

BPK Penabur Bandar Lampung Akan Melakukan Tur Jurnalistik ke Tribun Lampung

Biaya Calon di Pilkada Bandar Lampung Tembus Rp 50 Miliar

"Seperti bayar tol dan pembayaran pembayaran online lainya," katanya.

Disinggung apakah SIM lama tidak berlaku, Hendra mengatakan pemegang SIM lama masih tetap berfungsi.

"Jadi tidak ada kata tidak berlaku. Tapi saat SIM itu habis berlakunya bisa diperpanjang dengan smart sim jadi tidak wajib pemegang sim itu mengganti simnya tapi pada saat masa berlakunya habis itu bisa diperpanjang dengan smart SIM," tandasnya. (Tribunlampung.co.id/Hanif Mustafa/Ikhsan Dwi Nur Satrio)

Penulis: ikhsan dwi nur satrio
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved