RS Imanuel Way Halim

RS Imanuel Sukses Lakukan Operasi Katarak pada Bayi

RS Imanuel Way Halim saat ini sudah bisa melakukan tindakan operasi katarak pada anak melalui klinik oftalmologi pediatric Rumah Sakit Imanuel

RS Imanuel Sukses Lakukan Operasi Katarak pada Bayi
Istimewa
RS Imanuel Way Halim saat ini sudah bisa melakukan tindakan operasi katarak pada anak melalui klinik oftalmologi pediatric Rumah Sakit Imanuel 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Rumah Sakit Imanuel saat ini terus berbenah dalam meningkatkan pelayanannya. melalui peningkatan kompetensi dokter, RS Imanuel saat ini sudah bisa melakukan tindakan operasi katarak pada anak.

Katarak adalah penyakit yang lazim diderita oleh  orang tua. Namun, ternyata katarak juga bisa diderita oleh anak-anak bahkan bayi, seperti yang dialami oleh bayi A. Bayi berusia hampir 2 tahun ini divonis menderita katarak pada kedua matanya, sehingga ia harus menjalani operasi katarak.

Operasi pada mata kanan bayi A telah dilakukan baru-baru ini oleh dr. Indah Sp.M di RSIM.
Menurut dr. Indah Sp.M., “Katarak pada bayi merupakan penyakit bawaan sejak lahir. Kemungkinan dikarenakan infeksi virus atau parasit seperti Toxoplasma dan Rubella”.

Menurut dr.Indah, untuk pencegahan sebaiknya dilakukan pemeriksaan TORCH (Toxoplasmosis, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes) sebelum menikah atau saat kehamilan.

Beberapa Gejala yang timbul pada bayi yang terkena katarak yaitu: Terdapat bintik putih atau keabuan di tengah pupil matanya serta Gerakan mata tidak terkontrol, bola mata bergerak ke arah yang berbeda atau juling;

Gejala lain adalah Kepekaan menurun pada lingkungan sekitar, misalnya tidak merespon wajah orang atau benda yang ada di hadapannya; dan Mata anak yang menyipit saat terkena sinar matahari, serta cenderung rewel.

Katarak dapat menyebabkan kebutaan, dikarenakan kekeruhan pada lensa mata sehingga menghalangi cahaya masuk ke retina. Untuk mencegah kebutaan pada anak, biasanya dokter akan melakukan pembedahan mata. Namun ada juga sebagian kecil penderita katarak anak yang tak perlu merasakan meja operasi.

Nah Parents, segera hubungi dokter jika menemukan gejala-gejala ini pada bayi Anda agar mendapat penanganan yang tepat sebelum terlambat.

Informasi terkait pemeriksaan kesehatan terhadap Ibu hamil serta pemeriksaan katarak untuk dewasa dan anak-anak  dapat menghubungi Customer Service di 0813-7955-0011.

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved