Launching Accor Hotels Culinary Journey Sumatera, Novotel Lampung Perkenalkan Gulai Taboh Iwa

Novotel Lampung melakukan launching Accor Hotels Culinary Journey Sumatra di The Square Restaurant, Jumat, 20 September 2019.

Launching Accor Hotels Culinary Journey Sumatera, Novotel Lampung Perkenalkan Gulai Taboh Iwa
Tribunlampung.co.id/Dini
Launching Accor Hotels Culinary Journey Sumatera, Novotel Lampung Perkenalkan Gulai Taboh Iwa 

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Novotel Lampung melakukan launching Accor Hotels Culinary Journey Sumatra di The Square Restaurant, Jumat, 20 September 2019. Dalam launching tersebut, Novotel Lampung memperkenalkan kuliner khas Lampung gulai taboh iwa.

General Manager Novotel Lampung Lalu Aswadi Jaya mengatakan, gulai taboh iwa menjadi kuliner khas Lampung unggulan di Novotel Lampung. Alasannya, gulai taboh sudah diakui secara nasional sebagai kuliner khas Lampung, dan merupakan bagian dari warisan budaya Lampung.

"Selain itu, bahan untuk membuat gulai taboh iwa mudah sekali didapat, baik di Lampung maupun daerah lain. Itu juga yang jadi salah satu pertimbangan Novotel Lampung saat memilih gulai taboh iwa sebagai kuliner khas Lampung unggulan," ujarnya, seusai launching.

Selain gulai taboh iwa, disini juga ada menu khas Lampung lain yang disajikan. Menu khas Lampung itu diantaranya taboh iwa tangkil, sop iwa asap, tumis rebung, kethak belulang, opor ayam, dan pepes iwa,

Executive Chef Novotel Lampung Rachmat Mulyana menambahkan, Bahan-bahan untuk membuat gulai taboh iwa simpel dan mudah didapat. Diantaranya serai, bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, gula, santan, daun jeruk, dan ikan simba.

Gulai Taboh Iwa
Gulai Taboh Iwa (Tribunlampung.co.id/Dini)

"Ikan simba yang sering dimasak adalah kepalanya. Tapi jika tidak ingin menggunakan ikan simba, bisa menggunakan ikan asap, marlin, dan gabus. Namun dalam demo masak kali ini saya memilih ikan simba," ujar Rachmat disela-sela demo masak.

Rachmat menuturkan, sebelum dimasak, ikan harus dibersihkan dan dipotong terlebih dahulu. Kemudian untuk menghilangkan bau amis ikan bisa menggunakan jeruk nipis.

Memasak gulai taboh iwa mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya dalam waktu 15 menit, gulai taboh iwa sudah jadi dan siap disantap. Siapa saja bisa memasak gulai taboh iwa, termasuk ibu rumah tangga.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Ratna Kusumaningrum menuturkan, kuliner khas Lampung merupakan bagian dari budaya Lampung yang harus diperkenalkan.

Dibutuhkan peran hotel untuk memperkenalkannya. Tanggal 20 September 2019, Novotel Lampung telah memperkenalkan gulai taboh iwa.

Kuliner khas Lampung akan memperkuat perkembangan destinasi wisata di Lampung, karena kuliner khas Lampung akan menjadi pemikat wisatawan untuk datang ke Lampung dan akan memberikan nilai tambah bagi Lampung.

Selain itu, kuliner khas Lampung juga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi, serta sebagai pelengkap kebutuhan wisatawan ketika menikmati perjalanannya berwisata di Lampung.

(Tribunlampung.co.id/Jelita Dini Kinanti)

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved