Tribun Tulangbawang

Hingga September 24 Warga Tulangbawang Positif Idap HIV

Dinas Kesehatan (Diskes) Tulangbawang (Tuba) mencatat hingga September 2019 sebanyak 24 warga Tuba positif terjangkit HIV

Hingga September 24 Warga Tulangbawang Positif Idap HIV
ilustrasi 

Hingga September 24 Warga Tulangbawang Positif HIV

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Hingga September 24 Warga Tulangbawang Positif HIV. Dinas Kesehatan (Diskes) Tulangbawang (Tuba) mencatat hingga September 2019 sebanyak 24 warga Tuba positif terjangkit penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Plt Kepala Diskes Tulangbawang Fatoni, didampingi Kabid Pemberantasan, Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Feriyani Sa'id, mengatakan, jumlah tersebut meningkat dari data yang dirilis pada triwulan pertama Januari lalu.

"Sampai saat ini tercatat 24 warga Tuba yang terjangkit HIV," terang Fatoni, Minggu (06/10).

Di Balik Kematian Aktor Utama Video Seks Garut, Idap HIV hingga Perilaku Seks Menyimpang

Dia mengatakan, penderita HIV yang telah terdeteksi menderita HIV itu rata-rata usia produktif di atas 17 tahun. Umumnya warga menderita HIV karena prilaku seks bebas.

Dari penderita HIV itu, satu di antaranya merupakan ibu hamil. "Ada ibu hamil, namun setelah di cek anaknya negatif. Itu (ibu hamil positif HIV) diketahui saat pemeriksaan pertama kehamilan sudah terdeteksi," beber Fatoni.

"Tugas kita selanjutnya mengontrol dimana dia melahirkan, jangan sampai lolos dari pantauan," terang Fatoni.

Gejala Tak Terlihat, OPSI Ajak Warga Lampung Tes HIV

Meski demikian, Diskes Tuba enggan membeberkan identitas lengkap orang yang terkena HIV ini. "Ini untuk menjaga agar para pengidap penyakit mematikan ini tidak dikucilkan dari keluarga dan lingkungannya," paparnya.

Guna pencegahan agar penyakit HIV ini tidak meluas, Diskes Tuba telah melaksanakan penyuluhan.ke sekolah-sekolah, lembaga pemasyarakatan (rutan), lalu juga bekerjasama dengan Polres, Koramil dan instansi lainnya.

"Kita sosialisasikan tentang bahaya pergaulan seks bebas, lalu juga tentang ciri-ciri gejala penyakit HIV," terang Fatoni.

Dia menyebut, ciri-ciri awal orang yang terjangkit HIV mirip dengan TBC, yakni batuk berdahak yang lebih dari 2 minggu disertai dengan berat badan menurun atau kurus.

Kemudian nafsu makan hilang, sesak nafas dan lain sebagainya. "Kalau sudah jadi AIDS baru ketahuan, itu jaraknya 5 tahun sama seperi TBC," papar dia.

Penderita HIV yang berlanjut ke AIDS biasanya meninggal karena komplikasi penyakit.
Dan HIV menularnya melalui cairan, jarum suntik, transpusi darah, air susu ibu, serta berhubung badan dengan penderita HIV.(end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved