OTT KPK di Lampung Utara

BREAKING NEWS: Bupati Lampung Utara Terjaring OTT KPK, Mendagri Tjahjo Kumolo Beri Tanggapan

Bupati Lampung Utara Terjaring OTT KPK, Mendagri Tjahjo Kumolo Beri Tangapan

Istimewa
Tjahjo Kumolo 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku kecewa masih ada kepala daerah yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK jelang berakhir masa jabatannya pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Sebelumnya diketahui KPK mengamankan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dan enam orang lainnya beserta barang bukti uang ratusan juta rupiah yang diduga merupakan suap proyek di Kabupaten Lampung Utara pada Minggu (6/10/2019) kemarin.

“Kemarin masih ada juga OTT di Lampung, masih terkait masalah proyek,” ungkap Tjahjo usai memimpin apel pagi di Kantor Kemenkumham, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019) sebagai Plt Menkumham.

Tjahjo menegaskan tata kelola sistem pencegahan serta peringatan area rawan korupsi sudah baik.

Ia mengatakan sejak awal kepala daerah dilantik, Kemendagri selalu memperingatkan area rawan korupsi mulai dari perencanaan anggaran, proyek, dana hibah, dan bantuan sosial, jual beli jabatan hingga pembelian barang dan jasa.

Pria kelahiran Semarang itu juga menjelaskan pihaknya selalu mengajak kepala daerah yang baru dilantik untuk berdiskusi dengan pimpinan KPK.

“Masing-masing pemda juga sudah ada biro hukum, ada Kanwil Kemenkumham juga, yang berfungsi memastikan agar pengambilan keputusan politik dan pembangunan tak melanggar aturan dan harus berkesinambungan. Kalau itu semua dijalankan secara baik harusnya tak ada OTT,” tegas Tjahjo.

Dengan sistem pencegahan yang sudah ada, Tjahjo mengatakan pantas jika publik mempertanyakan kapabilitas dan transparansi kinerja individu yang bersangkutan jika tersangkut dugaan kasus suap atau korupsi.

“Semua harusnya paham bahwa merupakan sebuah kesalahan jika menerima sesuatu karena kebijakannya, sudah ada juga di sumpah jabatannya saat dilantik. Sistem sudah baik, kalau masih terus ada OTT berarti kesalahannya balik kepada individu yang bersangkutan,” pungkas Tjahjo. (Tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Tjahjo Merasa Kecewa Kepala Daerah di Lampung Kena OTT KPK" 

Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved