Tribun Bandar Lampung

Sampaikan Orasi Ilmiah Dies Natalies Itera, Ini Pesan SBY

Menurut SBY, manusia yang ada di dunia, termasuk Indonesia, diminta tidak hidup serakah, terutama dalam menggunakan sumber daya alam.

Sampaikan Orasi Ilmiah Dies Natalies Itera, Ini Pesan SBY
Tribunlampung.co.id/Sulis Setia Markhamah
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga penggagas lahirnya Itera menyampaikan orasi ilmiah lewat video conference dalam acara Dies Natalis V Itera, Senin (7/10/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Itera berdiri dengan latar belakang tingginya kebutuhan lulusan sarjana teknik di Indonesia.

Hal itu dikatakan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga penggagas lahirnya Itera.

"Indonesia tengah menghadapi tantangan yang serius. Manusia dan penduduk semakin banyak. Tetapi sumber kehidupan semakin berkurang, alam rusak. Jika ini terus berlangsung tanpa pembetulan, masa depan manusia akan suram," kata SBY melalui orasi ilmiah lewat video conference dalam acara Dies Natalis V Itera, Senin (7/10/2019).

Lantas apa solusi yang ditawarkan?

Menurut SBY, manusia yang ada di dunia, termasuk Indonesia, diminta tidak hidup serakah, terutama dalam menggunakan sumber daya alam.

"Dunia sains dan teknologi juga harus turut memberi solusi. Memberikan inovasi agar kebutuhan akan pangan, energi, dan air bisa dipenuhi tanpa merusak lingkungan, mengubah iklim dan memanaskan bumi kita," paparnya.

Melalui sains, teknologi, dan inovasi, ancaman bencana alam, penyakit, hingga ancaman nontradisional lainnya dapat dikurangi.

Gubernur Arinal ke Mahasiswa Itera: Tiada Artinya Turun ke Jalan Tanpa Kecerdasan

Dies Natalis ke-5 Itera, Tahun 2019 Sudah Luluskan 218 Mahasiswa

"Lulusan engineer juga diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup, pekerjaan layak, dan penghasilan lebih baik. Tentu ini termasuk mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di Itera," sambung SBY.

SBY mengaku terus mengampanyekan kesadaran menjaga lingkungan ke tingkat internasional.

"Untuk itu, bagi mahasiswa Itera, berkontribusilah untuk bangsa, terutama di bidang teknologi sains ke depan. Teruslah membangun dan mengembangkan diri," tandasnya. (Tribunlampung.co.id/Sulis Setia Markhamah)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved