Tribun Lampung Utara

9 Bulan Tercatat 177 Orang Terjangkit DBD di Lampung Utara, 1 Orang Meninggal

Sebanyak 177 penderita demam berdasar dengue yang tercatat oleh dinas kesehatan kabupaten Lampung Utara.

9 Bulan Tercatat 177 Orang Terjangkit DBD di Lampung Utara, 1 Orang Meninggal
ABC
Ilustrasi nyamuk aedes aegypti penyebab DBD. 9 Bulan Tercatat 177 Orang Terjangkit DBD di Lampung Utara, 1 Orang Meninggal 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Sebanyak 177 penderita demam berdasar dengue yang tercatat oleh dinas kesehatan kabupaten Lampung Utara.

Jumlah tersebut terhitung mulai bulan Januari hingga bulan September 2019.

“Tahun ini ada 1 orang yang meninggal dunia akibat DBD,” kata M. Yusuf, Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penykit, Dinas Kesehatan Lampung Utara, Rabu 9 Oktober 2019.

Ia mengatakan untuk kabupaten Lampung Utara telah melalui Siklus lima tahunan pada tahun 2016 lalu. Dimana data yang di catat dari bulan Januari – Desember ada 570 kasus demam berdarah.

Setahun kemudian, penderita DBD mengalami penurunan, yakni sebanyak 75 orang. Di Tahun 2018 tercatat ada 108 kasus penderita DBD. “Penderita DBD mengalami fluktuasi setiap tahunnya,” Katanya.

Penularan demam berdarah tidak hanya daerah itu sendiri, tetapi juga bisa dari daerah lain.

“Untuk langkah antisipasi atau pencegahan, kita lakukan dengan berjenjang, yang paling utama yaitu pemberantasan sarang nyamuk dan itu dilakukan oleh masing-masing Puskesmas yang berada di kecamatan-kecamatan,” jelasnya.

Waspadai Ancaman Penyakit DBD di Musim Kemarau, Lakukan Ini untuk Pencegahan

Untuk wilayah endemik, Puskesmas wajib mengendalikan penyakit tersebut. keenam wilayah tersebut dengan cara pemberantasan sarang nyamuk.

“Dan pengasapan, kita telah menyediakan insektisida untuk memberantas sarang nyamuk,” paparnya.

Dinkes mengimbau masyarakat untuk berkoordinasi dengan Puskesmas dan rumah sakit bila mendapati penyakit DBD di daerahnya.

Waspada, Musim Pancaroba Kerap Datangkan Penyakit DBD dan Malaria

“Jentik nyamuk demam berdarah itu berbeda dengan jentik nyamuk biasanya. Dapat dilihat dengan berdirinya jentik-jentik nyamuk itu atau sejajar, tapi untuk jentik nyamuk demam berdarah itu akan berbentuk lingkarang,” ujarnya‎.

Ia menegaskan kepada masyarakat diimbau tetap melakukan pemberantasan sarang nyamuk, dengan meliputi bersih bersih lingkungan sekitar. Dari dinas pihaknya melakukan fogging.

Wilayah endemik DBD tersebut, lanjut Yusuf, yakni Kotabumi, Kotabumi Utara, dan Kotabumi Selatan, Abung Selatan, Blambanganpagar, Bukitkemuning, Bungamayang, dan Sungkai Selatan.

Saat ini, wilayah yang sudah melakukan himbauan terhadap masyarakat, melalui puskesmas di kecamatan Kotabumi, Kotabumi Utara dan Kotabumi Selatan.

“Mulai masuk musim penghujan nanti puskesmas intens mengimbau ke masyarakat,” ujarnya. (Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved