Tribun Lampung Barat

Gelontorkan Rp 30 Miliar, Kementerian PUPR Bangun SPAM di Bandar Negeri Suoh

SPAM yang diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 30 miliar tersebut berkapasitas 30 liter per detik dan bisa mencukupi hingga 2.000 sambungan rumah.

Gelontorkan Rp 30 Miliar, Kementerian PUPR Bangun SPAM di Bandar Negeri Suoh
Tribun Lampung/Ade
Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Lambar Hermanto. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LIWA - Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Lampung Barat akan menjadi pusat pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Pembangunan SPAM tersebut menjadi prioritas pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun anggaran 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lambar Hermanto, Kamis (17/10/2019).

"Berdasarkan hasil koordinasi terakhir, tahun anggaran 2020 pembangunan SPAM BNS ini akan menjadi prioritas Kementerian PUPR," ucap Hermanto.

“Pembangunan SPAM ini sendiri disediakan untuk lima desa, yakni Tri Mekar Jaya, Bandar Agung, Tri Mulyo, Sukajadi, dan Gunung Ratu. Diutamakan untuk Desa Tri Mekar Jaya yang ada di Kecamatan BNS,” ungkapnya.

SPAM yang diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 30 miliar tersebut berkapasitas 30 liter per detik dan bisa mencukupi hingga 2.000 sambungan rumah.

Progres Pemasangan Pipa SPAM Ditarget Selesai November 2019

Sudah Berlangsung 2 Pekan Lebih, Proyek Galian Jalur Pipa SPAM Bandar Lampung Tak Juga Selesai

Demi mendukung terealisasinya pembangunan ini, Pemkab Lambar juga menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 miliar.

“Pemerintah daerah juga menyiapkan dana sharing sebesar Rp 1 miliar, dengan harapan pembangunan ini benar-benar terealisasi di 2020 ini," katanya.

"Mengingat masyarakat BNS sangat membutuhkan sarana air bersih. Selama ini untuk mendapatkan air layak konsumsi, masyarakat harus mengambil dari sumber air yang jauh dari permukiman warga,” jelas Hermanto.

Sumber air sendiri akan diambil dari hulu Sungai Way Haru yang berada di Desa Sumber Agung.

"Sumber air telah kita uji kelayakan konsumsi, termasuk saat musim kemarau seperti sekarang ini. Debit airnya masih mencukupi,” ujarnya.

Anggota DPRD Lambar Sarwani menyambut baik rencana pembangunan SPAM di BNS.

"Kami sangat mendukung pembangunan tersebut, mengingat itu sudah lama diharapkan oleh masyarakat," terangnya.

”Mudah-mudahan pembangunan SPAM ini benar-benar direalisasikan. Karena ketersediaan air bersih menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan masyarakat, dan pastinya masyarakat akan sangat mendukung pembangunan tersebut,” kata dia. (Tribunlampung.co.id/Ade Irawan)

Penulis: Ade Irawan
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved