Tribun Lampung Utara

Realisasi Penerimaan PBB Lampung Utara Baru 60 Persen dari Target Rp 3,8 Miliar

Jatuh tempo pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hanya tinggal beberapa hari lagi, yakni diakhir bulan Oktober 2019.

Realisasi Penerimaan PBB Lampung Utara Baru 60 Persen dari Target Rp 3,8 Miliar
Tribunlampung.co.id/Anung
Saragih, Kepala BPPRD Lampura 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI – Jatuh tempo pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hanya tinggal beberapa hari lagi, yakni diakhir bulan Oktober 2019.

Meski begitu, berdasarkan data Badan Pengelola Pendapatan dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) realisasi dari sektor tersebut, sampai saat ini sudah menyentuh angka 60 persen dari target sebesar 3,8 Miliyar.

"Sesuai data yang tercatat, realisasinya sudah diangka 2,3 Miliyar yakni 60 persen dari besaran target senilai 3,8 Miliyar. Diharapkan dalam pertengahan bulan ini bisa lebih dioptimalkan," ujar Saragih, Kepala BPPRD Lampura, Jumat 18 Oktober 2019.

Lebih lanjut dikatakan Saragih, mengingat tanggal jatuh tempo pembayaran hanya tinggal hitungan hari, salah satu upaya yang dilakukan pihaknya dengan cara memberikan surat edaran yang langsung ditanda-tangani Pj. Sekda kabupaten setempat dengan melibatkan pihak kecamatan.

BREAKING NEWS - Seratusan Mahasiswa Gelar Aksi Lanjutan Tolak RUU KPK di Depan Gedung DPRD Provinsi

Langkah Itu diambil, kata Saragih, agar para kepala desa dapat menginformasikan terkait pelunasan retribusi PBB kepada warga, terlebih wajib pajak yang belum melunasi kewajiban dimaksud.

"Melalui surat edaran itu, diharapkan nantinya semua pihak dapat saling bekerja sama. Untuk segera mungkin bisa melakukan pembayaran retribusi PBB yang sudah menjadi kewajibannya," kata dia.

Namun demikian Saragih tak membantah, dari besaran target keseluruhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lampura senilai Rp 102 Miliyar, berdasarkan data BPPRD capaian realisasi pajak yang dipungut oleh beberapa satuan kerja (satker) lainnya masih belum berjalan dengan optimal.

BREAKING NEWS - Terima Aspirasi Mahasiswa, Anggota Dewan Duduk Melantai di Tangga Gedung DPRD

Seperti dinas perdagangan misalnya, tercatat sampai awal bulan september lalu realisasi pajak yang dikelola dinas tersebut hanya berada dikisaran angka 36 persen atau sebesar Rp. 320 juta.

Angka tersebut masih dikatakan belum cukup ideal, pasalnya target yang ditetapkan diketahui sebesar Rp 890 juta.

"Sumber PAD dari dinas perdagangan memang pola pembayaran pajak dan retribusinya itu biasanya banyak dilakukan diakhir tahun. Mudah-mudahan diakhir tahun nanti bisa lebih mendekati target," ucapnya.

" Mudah-mudahan kinerja satuan kerja dalam memenuhi target dapat tercapainya. Meskipun, tak bisa pungkiri dengan adanya kejadian tersebut, secara tidak langsung berdampak pada proses para staf didalam proses kinerja dilapangan,” katanya.

Dari 23 kecamatan di Kabupaten Lampung Utara, untuk diketahui yang telah melunasi pembayaran retribusi PBB yakni diantaranya Kecamatan Abung Kunang, Abung Pekurun, Sungkai Selatan, Muara Sungkai, Hulu Sungkai dan Sungkai Barat termasuk di dalamnya. (Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved