CPNS 2019

Tes CPNS 2019, Pemprov Lampung Terapkan Sistem Zonasi

Pemerintah Provinsi Lampung akan menerapkan sistem zonasi dalam rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.

Tes CPNS 2019, Pemprov Lampung Terapkan Sistem Zonasi
kompas.com
Ilustrasi - Tes CPNS 2019, Pemprov Lampung Terapkan Sistem Zonasi. 

Tes CPNS 2019, Pemprov Lampung Terapkan Sistem Zonasi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung akan menerapkan sistem zonasi dalam rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Yurnalis menuturkan, pihaknya segera berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk membahas persiapan rekrutmen CPNS 2019 yang mengacu pada Permenpan RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.

"Rapat pembahasan persiapan CPNS bersama pemerintah kabupaten/kota akan segera dilakukan. Tentu kita akan koordinasi terlebih dahulu bersama kabupaten/kota dengan mengacu kepada Permenpan RB itu," ujar Yurnalis, Minggu (3/11/2019).

Yurnalis menjelaskan, sistem zonasi ini bertujuan untuk memangkas jangka waktu dan mempermudah para pendaftar selama proses rekrutmen CPNS.

Seperti, beberapa daerah yang berdekatan akan dipersiapkan menjadi satu zonasi agar mempermudah peserta CPNS mengikuti tahapan seleksi.

Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka 11 November, Berikut Materi Soal SKD yang Akan Diujikan

Ada 3.532 Formasi CPNS 2019 untuk Lulusan SMA di Kemenkumham, Simak Syaratnya

"Kita akan coba membagi itu. Misal kalau dari Kotabumi mau ke Bandar Lampung kan jauh. Jadi nanti kita akan coba diskusikan dulu," jelasnya.

"Nanti kita akan lihat apa hasilnya dari diskusi bersama pemerintah kabupaten/kota, baru kita umumkan secara bersama," terang Yurnalis.

Sebagaimana dikutip dari Permenpan RB Nomor 23 Tahun 2019, pelaksanaan seleksi CPNS 2019 secara nasional dilakukan oleh Panitia  Seleksi Nasional di bawah pengarahan menteri dan secara teknis dilakukan oleh kepala BKN selaku ketua tim pelaksana.

Setiap instansi membentuk Panitia Tim Pelaksana Seleksi CPNS Instansi yang ditetapkan oleh pejabat pembina kepegawaian (PPK).

Susunan panitia tim yang telah dibentuk sebagaimana harus disampaikan kepada menteri dan kepala BKN.

Setiap instansi harus membentuk call center dan helpdesk untuk melayani dan memberikan penjelasan atas pertanyaan serta menyelesaikan permasalahan yang terjadi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dibuka 11 November 2019, Begini Cara dan Syarat Pendaftaran CPNS 2019 Secara Online

Dalam rangka efisiensi dan efektivitas, pelaksanaan seleksi CPNS di lingkungan instansi daerah dikoordinasikan oleh gubernur selaku wakil pemerintah di daerah.

Menteri menetapkan nilai ambang batas passing grade kelulusan. (Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

Penulis: kiki adipratama
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved