Tribun Lampung Barat

Dinas Sosial Lampung Barat Serahkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ke Pusat

Dinas Sosial Lampung Barat Serahkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ke Pusat

Dinas Sosial Lampung Barat Serahkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ke Pusat
kemensos.go.id
Ilustrasi - Dinas Sosial Lampung Barat Serahkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ke Pusat. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LIWA - Hasil dari verifikasi dan validasi (Verivali) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau sebelumnya disebut Basis Data Terpadu (BDT) telah dilaporkan ke pemerintah pusat oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lampung Barat.

Data tersebut telah dilakukan oleh petugas sejak beberapa bulan lalu.

Kabid Pemberdayaan Sosial dan penanggulangan Fakir Miskin Dinsos Lambar Sopan Sopian mengatakan, jumlah data keluarga yang telah di Verivali sebanyak 33.275 data Rumah tangga (Ruta) dari 33.461 Ruta yang terdapat dalam basis data terpadu tahun 2017.

Data itu sebanyak 120.700 jiwa dari 128.539 jiwa sesuai data yang terdapat dalam basis data terpadu tahun 2017.

Buaya di Sungai Way Semaka Belum Juga Tertangkap, Camat Wonosobo: Jangan Aktivitas di Sungai!

Data tersebut berasal dari data BDT tahun 2017 yang sudah di Verivali dan juga sebagian data usulan yang baru.

”DTKS atau BDT merupakan data yang menjadi sumber data penetapan sasaran program perlindungan sosial yang diimplementasikan melalui program-program bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non Tunai Program Indonesia Sehat dan program sosial lainnya,” ungkap Sopan.

Dijelaskannya, DTKS atau BDT harus di Verifikasi dan di Validasi secara berkala sesuai dengan amanat Undan-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin.

Mengingat perubahan kondisi penerima manfaat bersifat dinamis yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti demografis penduduk, perubahan status sosial ekonomi serta mobilitas penduduk.

Pemerintah melalui kementerian sosial saat ini telah mengembangkan penanganan data fakir miskin secara terpadu berbasis teknologi, yakni sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKS_NG).

Di kabupaten setempat pelaksanaan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial melalui SIKS_NG telah dilaksanakan diseluruh wilayah pekon/kelurahan, mulai dari perekrutan dan pelatihan petugas pendata serta pencetakan blangko yang dilaksanakan diawal tahun, hingga tahap pelaksanaan pendataan dan penginputan data pada bulan Oktober 2019.

Halaman
12
Penulis: Ade Irawan
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved