Tribun Metro

Pemkot Ancam Sanksi Bagi Pembuang Limbah B3 Tanpa Prosedur

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menindak tegas pihak-pihak yang membuang limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) tidak sesuai prosedur.

Pemkot Ancam Sanksi Bagi Pembuang Limbah B3 Tanpa Prosedur
Istimewa
Ilustrasi limbah medis - Temuan Limbah Medis di TPAS Karangrejo, Dinas Lingkungan Hidup Metro Janji Tindak Tegas. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menindak tegas pihak-pihak yang membuang limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) tidak sesuai prosedur.

Kepala DLH Kota Metro Eka Irianta mengatakan, setelah adanya temuan limbah medis di TPAS Karangrejo, pihaknya telah memeringatkan pihak-pihak terkait, termasuk fasilitas kesehatan.

75 Persen Limbah Organik Cemari Kota Metro

"Kalau sudah diperingatkan nanti masih saja bandel, ya kita beri sanksi. Tetapi sejauh ini masih belum ada, karena biasanya setelah kita berikan teguran langsung dibenahi fasilitas kesehatannya," bebernya, Minggu (10/11).

Ia menjelaskan, limbah medis B3 ada yang bisa diolah oleh fasilitas kesehatan dan ada yang tidak boleh. Jika diolah sendiri, harus melalui berbagai macam prosedur untuk mengurangi kandungan racun. Seperti limbah B3 botol infus.

Limbah Tanaman Jagung Bisa Dibuat Kerajinan Bernilai Ekonomi

"Tapi bukan botol infus yang bekas darah atau cairan tubuh. Untuk botol infus yang diolah sendiri oleh fasilitas kesehatan harus melalui berbagai proses. Harus dilakukan pengosongan, pembersihan, desinfeksi, dan penghacuran atau pencacahan," imbuhnya.

Pencacahan atau penghancuran harus sampai diameter satu centimeter. Bukan hanya menyobek atau menggunting botol infus. Ke depan pihaknya akan terus menyosialisasikan limbah B3 kepada fasilitas kesehatan di Kota Metro. "Tujuan kita agar tidak ada lagi faskes yang membuang limbah B3 secara sembarangan," tuntasnya.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved