Breaking News:

Provinsi Lampung

Provinsi Lampung Pelaksana Terbaik Program Inovasi Desa

Provinsi Lampung meraih Penghargaan sebagai Provinsi terbaik dalam pelaksanaan Program Inovasi Desa sejak tahun 2017 sampai 2019.

Ist
Terima penghargaan program inovasi desa kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa Syaiful Dermawan mewakili gubernur Lampung. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Provinsi Lampung meraih Penghargaan sebagai Provinsi terbaik dalam pelaksanaan Program Inovasi Desa sejak tahun 2017 sampai 2019. Penghargaan ini diberikan pada acara Rapat Koordinasi Nasional, Program Inovasi Desa Tahun 2019, yang dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhajir Effendy, di Hotel Merlynn Park, Senin (25/11/2019).

Tropi penghargaan dari Kementrian Desa kepada provinsi Lampung, sebagai Provinsi Pelaksana Program Inovasi Desa yang diserahkan di Hotel Merlynn Park, Jakarta, Senin (25/11/2019).
Tropi penghargaan dari Kementrian Desa kepada provinsi Lampung, sebagai Provinsi Pelaksana Program Inovasi Desa yang diserahkan di Hotel Merlynn Park, Jakarta, Senin (25/11/2019). (Ist)

Pada acara ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberikan penghargaan kepada Desa, Kabupaten dan Provinsi yang memenangkan nominasi program inovasi desa 2019.

Tiga Provinsi terbaik yang memenangkan Program Inovasi Desa 2019 yaitu Lampung, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Abdul Halim Iskandar, sebagai Menteri Kemendes PDDT dan Budi Arie Setiadi, sebagai Wakil Menteri Kemendes PDTT sebagai apresiasi dan dukungan kepada pelaksana program inovasi desa.

Dalam Pidatonya, ia berpesan dalam mewujudkannya program terbaik mempercepat pembangunan desa di perlukannnya 4C.

“Dalam membangun kemajuan desa, tidak bisa menggunakan cara lama diperlukan Inovasi di berbagai bidang untuk mempercepat pembangunan desa salah satunya dengan 4C yaitu Critical Thingking, Creative and Inovation, Communication Skill dan Collaboration,” jelasnya.

Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung bersama beberapa Kepala Dinas PMD dan Koordinator P3MD Lampung setelah mendapatkan Piagam penghargaan sebagai Provinsi Pelaksana Program Inovasi Desa yang diserahkan di Hotel Merlynn Park, Senin (25/11/2019).

Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung, Syaiful Dermawan menyampaikan bahwa dari tahun 2017 yang lalu Provinsi Lampung merupakan Provinsi yang selalu melakukan gebrakan dalam pelaksanaan Program Inovasi Desa. Dua Kategori terbaik di penghujung tahun ini pun diraih Lampung; Pertama, adalah Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) di kabupaten Pesawaran dan Kedua Kategori Paud Inovatif dari Desa Gunung Katun Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Nomor Wahid dalam pelaksanaan PID juga banyak diraih oleh Provinsi Lampung. Tercatat Tahun 2017 Kabupaten Lampung Timur adalah Pelaksana Bursa Inovasi Desa Pertama se Indonesia. Demikian juga Tahun 2018 rekor perdana pelaksana Bursa Inovasi Desa diraih lagi oleh Provinsi Lampung dengan pelaksana Kabupaten Pesawaran, Dan awal tahun 2019 yang lalu Provinsi Lampung juga dinobatkan sebagai peraih terbaik Nasional Kedua Tim Inovasi Kabupaten yang diraih oleh Kabupaten Pesawaran setelah bersaing dengan 31 Provinsi,” terang Syaiful lagi.

Melalui akun Facebooknya Mashuri, Koordinator Program Provinsi Lampung sangat bersyukur dengan pencapaian yang didapatkan oleh Provinsi Lampung dalam Pelaksanaan Inovasi Desa.

“Dan ini semua adalah hasil kerja dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah desa dengan bergandeng tangan dan bekerjasama dengan seluruh pendamping professional dari tingkat Provinsi (TAM KPW II Lampung), Kabupaten (TAPM),Kecamatan ( Pendamping Desa) maupun  Desa (Pendamping Lokal Desa),” tegasnya lagi.

Terkait Inovasi Desa di Provinsi Lampung dalam kurun waktu tiga tahun (2017-2019) telah teridentifikasi 1.051 Inovasi Desa di Provinsi Lampung dengan lengkap naratif media pembelajarannya dan siap di replikasi oleh desa-desa  di dalam dan ataupun di luar di Provinsi Lampung. Inovasi desa- Desa Berjaya – Lampung Berjaya. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved