Zulkifli Hasan Maju Kembali, 4 Nama Ini Bakal Jadi Penantangnya di Kongres PAN Mendatang

Kalau kontestasi di internal PAN itu, kontestasi keluarga, jadi tidak akan merusak pertemanan. Betul Bang Zul sama Bang Kimong (mulfahri) itu sahabat

Kompas.com
Zulkifli Hasan Maju Kembali, 4 Nama Ini Bakal Jadi Penantangnya di Kongres PAN Mendatang 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Partai Amanat Nasional akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) pada 6 Desember 2019.

Salah satu agenda yang akan dibahas adalah jadwal kongres dalam rangka pemilihan ketua umum baru.

Sejumlah nama mulai muncul untuk maju sebagai ketua partai yang lahir dari tokoh reformasi ini Amien Rais. 

Menurut Ketua DPP Partai Amanat Nasional ( PAN) Yandri Susanto , Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan maju kembali menjadi calon ketua umum (caketum) PAN bukan karena hasrat pribadi.

Yandri mengatakan, Zulkifli maju menjadi caketum karena didukung oleh sejumlah dewan pimpinan wilayah (DPW) PAN. Sebab, DPW menilai ia masih layak memimpin partai berlogo matahari putih itu lima tahun ke depan.

PAN Tak Dapat Kursi DPR RI di Jateng, Ternyata Zulkifli Hasan Pernah Protes ke Sekjen PDIP

Kursi PAN DPR RI dari Jateng Kosong, Zulkifli Hasan Protes ke Sekjen PDIP

"Ini bukan pribadi Bang Zul mau atau tidak menjadi ketua umum, tetapi karena diminta atau didaulat DPW-DPW menurut mereka figur bang Zul masih figur paling tepat untuk figur lima tahun ke depan," kata Yandri saat dihubungi, Selasa (26/11/2019).

Yandri mengatakan, meskipun Zulkifli didukung sejumlah DPW, PAN terbuka pada kandidat-kandidat baru untuk menjadi caketum. Ia mengatakan, nama-nama yang diprediksi akan maju menjadi caketum adalah Hanafi Rais, Asman Abnur, dan Mulfachri Harahap.

"Ada Bang Kimong (Mulfachri) kader yang bagus pernah ketua fraksi kemudian ketua Komisi III, dari awal berdirinya PAN beliau terlibat, sebenarnya enggak ada masalah beliau untuk maju kita apresiasi, enggak ada masalah," ujar dia. 

Yandri memastikan, kontestasi pemilihan caketum di partai berlogo matahari putih itu tidak akan merusak pertemanan antar-kader. Ia mengatakan, setiap kader yang maju dalam bursa caketum PAN patut diapresiasi. Ia pun meyakini, Zulkifli tak mempermasalahkan kader-kader PAN lainnya yang ingin maju sebagai calon ketua umum.

"Kalau kontestasi di internal PAN itu, kontestasi keluarga, jadi tidak akan merusak pertemanan. Betul Bang Zul sama Bang Kimong (mulfahri) itu sahabat lama sahabat yang sangat dalam persahabatannya," ucap dia. 

"Nah tapi persoalan mereka bersama-sama memajukan PAN ya menurut saya patut diapresiasi, saya yakin di antara Bang Zul dan Bang Kimong enggak ada masalah," kata Yandri.

Halaman
123
Penulis: Romi Rinando
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved