Tribun Bandar Lampung

45.518 Siswa SD-SMP di Bandar Lampung Terima Dana PIP

Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Bandar Lampung sebanyak 45.518 Siswa SD-SMP di Bandar Lampung Terima Dana PIP.

45.518 Siswa SD-SMP di Bandar Lampung Terima Dana PIP
Tribunnews
ilustrasi - 45.518 Siswa SD-SMP di Bandar Lampung Terima Dana PIP 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Bandar Lampung di tahun 2019 sebanyak 45.518 siswa.

Kasi Kelembagaan Dinas Pendidikan (Disdik) Bandar Lampung Mulyadi mengatakan, dari data tersebut sebanyak 27.896 siswa diantaranya merupakan penerima di jenjang SD dan 17.622 sisanya penerima di jenjang SMP.

Masing-masing penerima untuk jenjang SD mendapatkan Rp 450 ribu dana PIP yang cair setahun sekali dan untuk SMP Rp 700 ribu saja PIP dalam waktu setahun sekali.

"Jadi sekali saja cairnya dalam setahun anggaran. Waktu pencairannya tergantung dari pemerintah pusat yang jelas sebelum tahun ajaran baru berjalan," papar Mulyadi kepada Tribunlampung.co.id, Sabtu (21/12/2019).

Bantuan PIP SD-SMP ini, terus dia, diperuntukkan dalam membantu biaya personal pendidikan bagi peserta didik miskin atau rentan miskin yang masih terdaftar sebagai peserta didik jenjang SD dan SMP.

Sehingga mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah karena kesulitan ekonomi.

Bantuan dana PIP bisa untuk membeli buku dan alat tulis sekolah, seragam sekolah, biaya transportasi ke sekolah, uang saku sekolah, hingga biaya les atau kursus.

"Uang yang sudah digunakan ini dilaporkan ke pihak sekolah peruntukannya. Sebagai laporan pertanggungjawaban pihak sekolah," kata dia.

Total anggaran untuk SD sekitar Rp 11,37 miliar dan total anggaran SMP sekitar Rp 10,1 miliar.

Sehingga total anggaran di 2019 untuk siswa SD dan SMP di Bandar Lampung mencapai Rp 21,5 miliar lebih.

"Namun belum cair secara keseluruhan," beber dia.

Penyebab belum cairnya secara keseluruhan ini karena ada siswa yang memang sudah lulus dari jenjang pendidikan tersebut dan data pencairannya baru keluar dari pusat.

"Selain itu ada juga yang masih dalam proses keluar SK pencairannya dari pusat. Jika SK turun namun siswa dinyatakan sudah lulus maka uang tersebut kembali ke kas negara," kata dia.

Data pencairannya sendiri yakni untuk SD sebanyak 20.680 siswa sudah melakukan pencairan dari total 27.896 siswa. Sementara untuk SMP 12.735 siswa sudah melakukan pencairan dari total 17.622 siswa.

"Jadi terdata masih ada 7.216 siswa SD dan 4.887 siswa SMP yang belum cair dana PIP-nya," terang Mulyadi.(Tribunlampung.co.id/Sulis Setia M)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved