Breaking News:

rs imanuel

17 Anak Ikuti Operasi Bibir Sumbing dan Langit Langit Gratis di Rumah Sakit Imanuel Wayhalim

Yayasan Bahagia Senyum Persada bekerjasama dengan Rumah Sakit Imanuel Wayhalim mengadakan Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing dan Langit Langit

Penulis: Advertorial Tribun Lampung | Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ist
17 Anak Ikuti Operasi Bibir Sumbing dan Langit Langit pada Mulut Gratis di Rumah Sakit Imanuel Wayhalim 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Yayasan Bahagia Senyum Persada bekerjasama dengan Rumah Sakit Imanuel Wayhalim mengadakan Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing dan Langit Langit pada Mulut Gratis, Sabtu (8/2).

Wakil Direktur Pelayanan dan Perawatan Rumah Sakit Imanuel Way Halim dr. Abdi Bumi Suryanto Sp.THT mengatakan, ada 17 anak yang ikut dalam operasi tersebut. Rumah Sakit Imanuel Wayhalim mengkhususkan operasi tersebut bagi anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Syarat peserta untuk mengikuti operasi bibir sumbing adalah usia minimal tiga bulan dan berat badan 4,5 kilogram. Kemudian syarat untuk mengikuti operasi langit-langit belah pada mulut adalah usia minimal 10 bulan. Pasien juga harus dalam keadaan sehat, dipastikan dengan mengikuti screening kesehatan secara umum seperti pemeriksaan darah lengkap, fungsi ginjal, dan paru-paru.

Operasi ini merupakan kegiatan rutin Rumah Sakit Imanuel Way Halim yang diadakan setiap setahun sekali. Tahun ini sudah yang ketiga kalinya. Kegiatan ini diadakan karena pihak Rumah Sakit beserta pihak Yayasan ingin memberikan pelayanan yang lebih luas ke masyarakat.

Kenapa yang dipilih adalah operasi bibir sumbing? Sebab bibir sumbing banyak terjadi pada anak-anak. Selain itu biaya untuk operasi bibir sumbing tidak murah. Jika tidak dioperasi anak-anak bisa kehilangan kepercayaan diri ketika sudah dewasa. Ditakutkan dia menjadi minder dan menjadi tidak produktif.

Bibir sumbing bisa terjadi bersamaan dengan langit-langit belah pada mulut. Namun keduanya juga bisa terjadi sendiri-sendiri. Jika operasi langit-langit belah pada mulut tidak dilakukan, anak-anak bisa tersedak saat makan. Akibat dari tersedak bisa menyebabkan infeksi paru-paru dan pneumonia.

Penyebab bibir sumbing dan langit-langit belah pada mulut adalah infeksi dan keturunan. Bisa juga disebabkan karena ibunya perokok dan sering minum minuman yang beralkohol.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved