Breaking News:

Rumah Sakit Imanuel

Konsultasi Mengenai THT atau Gangguan pada Amandel dapat Dilakukan di RS Imanuel Way Halim

Konsultasi mengenai THT ataupun gangguan pada amandel dapat dilakukan di RS Imanuel Way Halim melalui Dokter Spesialis THT : dr. Abdi Bumi Suryanto, S

Penulis: Advertorial Tribun Lampung | Editor: Advertorial Tribun Lampung
ist
Konsultasi mengenai THT ataupun gangguan pada amandel dapat dilakukan di RS Imanuel Way Halim melalui Dokter Spesialis THT : dr. Abdi Bumi Suryanto, Sp. THT-KL setiap pagi di hari Senin sampai Sabtu jam 09.00 – 14.00 WIB dan setiap sore di hari Senin sampai Jumat jam 16.00 – 18.00 WIB. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG,- Apa itu amandel? Amandel sebenarnya adalah nama organ tubuh yang ada di tenggorokan.

Organ ini berfungsi untuk pertahanan tubuh yang menghasilkan antibodi. Yang jadi pertanyaan apakah amandel tersebut bermasalah atau tidak. Jika bermasalah, maka harus segera berobat.

Lantas apakah penyakit ini berbahaya dan diharuskan untuk operasi amandel? Dokter Spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan), dr. Abdi Bumi Suryanto, Sp. THT-KL menjelaskan bahwa untuk menyarankan tindakan operasi, maka dokter akan melihat dari 2 tipe yaitu absolut ada yang relative.

Tipe absolut harus benar-benar dioperasi. Penyakit amandel tipe ini berbentuk besar dan menyumbat saluran napas atau saluran pencernaan, sehingga menyebabkan gangguan bernapas atau menelan.

Hal ini bisa menyebabkan berkurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh, atau berkurangnya makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga bisa menghambat pertumbuhan orang tersebut. Tipe relative adalah penyakit amandel dengan indikasi-indikasi lain yang disarankan operasi, namun sifatnya tidak harus. Misalnya pada kasus infeksi berulang.

Jika anak sering flu batuk pilek, sakit tenggorokan, demam, lebih dari 4 kali dalam satu tahun, maka dia disarankan operasi.

Juga misal jika memiliki penyakit lain yang beresiko besar jika dioperasi, maka dokter tidak perlu melakukan operasi. Atau misalnya pasien sangat takut operasi ya tidak perlu dipaksa.Karena mungkin dengan obat bisa membaik.

Bagaimana jika pasien tidak mau dilakukan operasi? Jika pasien dengan tipe penyakit amandel absolute bisa mengalami gangguan pertumbuhan akibat gangguan pernafasan atau gangguan menelan.

Jika anak kecil berat badannya jadi kurang, prestasinya kurang, produktifitasnya kurang. Namun jika pasien dengan tipe penyakit amandel relative, maka infeksi yang berulang di amandel bisa menjadi sumber infeksi bagi organ yang lain.

Misalnya, jika terjadi gangguan pada hidung akibat infeksi amandel, maka bisa menyebabkan sinusitis. Jika infeksi amandel menyebabkan gangguan  pada telinga, bisa menjadi congekan (Otitis media).

Infeksi pada amandel juga dapat mengakibatkan penyakit jantung rematik dan penyakit ginjal. Amandel yang telah dioperasi tidak bisa kambuh atau timbul lagi.

Konsultasi mengenai THT ataupun gangguan pada amandel dapat dilakukan di RS Imanuel Way Halim melalui Dokter Spesialis THT : dr. Abdi Bumi Suryanto, Sp. THT-KL setiap pagi di hari Senin sampai Sabtu jam 09.00 – 14.00 WIB dan setiap sore di hari Senin sampai Jumat jam 16.00 – 18.00 WIB.

Untuk kemudahan pasien, RSIM juga menyediakan layanan konsultasi online melalui IMONA (Imanuel On Air). Pasien dapat konsultasi mengenai penyakit secara online.

Melalui layanan IMONA, RSIM juga dapat membantu dalam pengulangan obat, verifikasi bayar secara online dari rumah, sampai dengan pengiriman obat.(adv)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved