Breaking News:

Tribun TV Lampung

Hubungan Seks Bervariasi Bisa Picu Gejala Herpes Genital

Penyakit herpes genital tidak hanya menyerang alat kelamin dan sekitarnya, tetapi bisa juga menjangkit bagian kulit luar lainnya.

Tangkap Layar Tribun TV Lampung
Ilustrasi. Hubungan seks bervariasi picu gejala herpes genital. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID BANDAR LAMPUNG – Penyakit herpes genital tidak hanya menyerang alat kelamin dan sekitarnya, tetapi bisa juga menjangkit bagian kulit luar lainnya.

Hal tersebut tak lain disebabkan oleh perilaku seks, yang cendurung bervariatif di zaman sekarang.

“Namun sekarang ini karena perilaku seksual zaman now ini banyak banget variasinya, jadi itu (tipe virus herpes) sudah bisa kecampur-campur dan tidak bisa lagi kita samakan seperti zaman dahulu,” kata dr.Indra Teguh Wirtoyo, dalam acara Ngode (Ngobrol Sex Education) yang dilangsungkan Tribun TV Lampung, Jumat (28/8/2020).

“Kalau dulu hubungan seksual pada umumnya tentu kelamin kepada kelamin, tetapi pada sekarang kelamin ke mulut kemudian ada juga kelamin ke anus,” sambungnya.

Sebelum lebih jauh membahas virus herpes genital, dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin ini juga menerangkan jenis penyakit herpes dibagi dua macam yaitu, herpes genital dan herpes kulit.

Dimana herpes genital dan herpes kulit disebabkan oleh dua jenis virus yang juga berbeda yakni virus HSP tipe 1 (herpes kulit) dan HSP tipe 2 (herpes genital).

“Biasanya tipe virus herpes genital menampakan bintik-bintik berisi air dan jika terluka terasa perih atau sakit. Sementara perbedaan antara kedua jenis herpes ini, terutama tentu letak dari lokasi biasanya,” terang Indra Teguh.

Kendati demikian, seiring bergesernya perkebangan zaman yang juga tumbuh pada perilaku hubungan seksual, kedua jenis virus penyakit herpes ini bisa tercampur.

“Sehingga virus HSP tipe 1 di mulut apabila berhubungan dengan kelamin, jadi menular juga sehingga bisa ditemukan tipe 1 ada di kelamin begitu juga sebaliknya,” tukas Indra Teguh.

Adapun rangkaian penularan virus HSP pada penyakit herpes disebabkan, adanya kontak langsung secara skin to skin kepada si penderita.

Halaman
12
Penulis: Tama Yudha Wiguna
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved