Breaking News:

ADVERTORIAL

Lima Kelurahan di Lampung Utara Mendapatkan Program Kotaku

Dari program Kotaku, masing-masing kelurahan dan desa itu mendapatkan pagu anggaran Rp 1 miliar, yang digunakan untuk pembuatan drainase, jalan rabat

Dok Kotaku
Kepala BPPW Lampung Maria Doeni Isa dan anggota DPR RI Tamanuri saat meresmikan program Program Kotaku di Lampung Utara. 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG UTARA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Lampung sejak tahun 2017 menggulirkan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yang sebelumnya bernama PNPM Mandiri Perkotaan.

Koordinator Kota dari Program Kotaku Lampung Utara Rio Kurniawan mengatakan, program Kotaku adalah program kegiatan khusus di perkotaan untuk mengurangi kawasan kumuh, dengan membangun infrastruktur dasar di lingkungan permukiman kawasan kumuh yang masuk dalam SK bupati.

Ada tujuh kriteria kumuh, di antaranya, ketidakteraturan bangunan, tidak tersedia jalan, drainese lingkungan, air minum, pengolahan air limbah, pengelolaan persampahan, proteksi kebakaran, dan ruang terbuka publik.

"Di Provinsi Lampung, program Kotaku sudah masuk di Bandar Lampung, Pringsewu, Metro, dan Lampung Utara. Dan pada tahun 2020 bertambah di Kabupaten Lampung Tengah, Tulangbawang Barat, dan Tulangbawang," kata Rio, Jumat (20/11/2020).

Program Kotaku tahun 2020 ini masuk ke Kabupaten Lampung Utara melalui aspirasi dewan dan sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 167 tentang  penetapan lokasi dan besaran bantuan kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat tahun anggaran 2020 menetapkan  4 kelurahan dan 1 desa sebagai lokasi kegiatan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Reguler Program Kotaku yakni Kelurahan Tanjung Harapan, Tanjung Aman, Tanjung Senang, dan Kelapa Tujuh, serta Desa Candi Mas.

Dari program Kotaku, masing-masing kelurahan dan desa itu mendapatkan pagu anggaran  Rp 1 miliar, yang digunakan untuk pembuatan drainase, jalan rabat beton, penyediaan air bersih berupa sumur bor, ruang terbuka publik dan perubahan wajah.

Baca juga: Program Kotaku di Masa Pandemi Covid-19, BDC Bandar Lampung Gelar Hasil Produk KSM Binaan

Baca juga: Kucurkan Rp 2 Miliar, Kotaku Bangun Rumah Produksi Keripik dan Hidroponik di Pringsewu

Kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi (TKK) oleh LPJK Lampung.
Kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi (TKK) oleh LPJK Lampung. (Dok Kotaku)

Perubahan wajah yang dimaksut itu mencakup mural, taman bermain anak, dan taman baca.

Untuk taman baca hasil kolaborasi dengan Koramil Kotabumi Selatan.

Mereka memberikan buku bacaan islam dan buku pelajaran.

Halaman
12
Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved